Inilah Konsumsi Bahan Bakar Vixion Lighting

Vixion2“Vixion yang baru, lebih hemat 11%” itu pesan singkat yang saya dapatkan dari Eyang Edo, pengguna vixion yang ikut saat peluncuran motor baru Yamaha tersebut di Bandung beberapa lalu. Saya sengaja bertanya kepada eyang Edo, penggiat keselamatan jalan raya dan wartawan senior itu karena beliau sudah 4 tahun lebih menggunakan Vixion. Tentunya sangat lebih bijak untuk bertanya kepada yang lebih tua, daripada bertanya kepada wanita yang lebih muda. :D

Hal di atas tidak lepas dari rencana menggunakan motor Vixion Lighting, generasi terbaru dari Vixion yang merupakan Jagoan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing di segmen motorsport 150cc. Vixion Lighting berwarna merah maroon tersebut, saat itu akan saya bawa dalam perjalanan menuju satu kawasan di daerah pesisir pantai selatan Jawa dengan jarak tempuh kurang lebih 360an kilomter.

Nah, perjalanan tersebut sudah selesai. Total jarak tercapai 418 kilometer, dari Bekasi-Batu Karas, Ciamis, Jawa Barat. Untuk bahan bakar, sesuai dengan rekomendasi dari Yamaha, maka saya mengisi bbm beroktan 92. Total kapasitas 12 liter saya isi hingga sedikit meluber. Saya berangkat jam 6 pagi, dan mengisi kembali bahan bakar di seputaran jalan raya Banjar-Pangandaran, 18 jam kemudian. Saat mengisi, saya mengecek tripmeter dan mencatat angka 376,4 kilometer yang telah ditempuh Vixion Lighting. Dan ketika mengisi ulang tangki, terpaksa dengan premium karena pertamaxnya lagi kosong, kapasitas diisi kembali hingga 12 liter. Tercatat angka 8,76 liter yang dituangkan kembali. Tidak ada struknya, karena ini spbu kecil. Maklumlah. :D

Vixion8Jadi, jika dilihat dari data di atas, dengan jarak 376,4 kilometer dan refuel 8.67 liter maka didapat hasil: 376,4/8,67 = 43.41. Artinya, untuk setiap 1 liter yang dihabiskan, Vixion Lighting bisa menempuh jarak 43.4 kilometer. Kembali ke eyang Edo yang mengaku konsumsi bbmnya 1:40 (1 liter untuk tiap 40 kilometer), maka kemungkinan besar klaim YIMM bahwa Vixion Lighting lebih hemat 11% mendekati kenyataan.

Metode yang dilakukan penulis adalah sederhana, layaknya metode teman-teman penggemar touring yang wanti-wanti konsumsi bbmnya untuk perjalanan jarak jauh. Monggo dipertanyakan, karena selalu tersedia ruang untuk berdiskusi. Sekedar catatan, medan yang ditempuh saat keberangkatan adalahBekasi-Cibitung-Karawang-Klari-Purwakarta-Wanayasa-Jl.Cagak-ubang-Sumedang-Wado-Malangbong-Rajapolah-Ciamis-Banjar-Pangandaran-Batukaras via Green Canyon. Lalu lintas tidak begitu menghambat karena medan yang ditempuh cenderung lancar. Maklum, jalur alternatif dengan kontur pegunungan dan bukit. Dan saat pengisian di daerah Banjar pun, tanda “bar” pada fuel indicator masih menyisakan 2 “bar”. Asumsi penulis, mungkin masih menyisakan 1 liter lagi. Namun karena sudah mendapat input tentang motor injeksi, maka penulis meminimalkan resiko dan segera segera mengisi ulang bahan bakar. Semoga info ini membantu.(hnr)

About these ads

10 comments on “Inilah Konsumsi Bahan Bakar Vixion Lighting

  1. iwb juga tembus diatas 42,2km/liter, dan TMC lebih edan tembus 50km/liter
    hebatnya semua dilakukan dengan cara “non eco riding”
    entah kalo eco riding tembus berapa nih, mungkin bisa lebih irit dari bebek 100cc tuh

  2. Ping-balik: Yamaha New Vixion Lightning, Lebih Bertenaga, Torsinya Nonjok…!!! « Safety First !!!

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s