KHCC Adventouride 2008

It’s not the style, it’s the attitude!

27-29 Desember 2008 lalu, KHCC (Karisma Honda Cyber Community) mengadakan kegiatan touring ke Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat. Touring yang diberi nama ” KHCC Adventouride” ini diikuti oleh 18 KHHCers (sebutan untuk para anggota KHCC) plus dua orang mekanik. Jarak yang ditempuh adalah 220km (±) dengan durasi perjalanan enam jam. Cuaca yang silih berganti dan kontur medan yang berubah-ubah tidak menyurutkan semangat KHHCers untuk terus melahap tanjakan dan turunan curam yang dilalui. Bahkan tikungan-tikungan tajam nan meliak-liuk dilibas dengan penuh percaya diri. Hal ini tidak terlepas dari primanya persiapan teknis dan non-teknis yang dilakukan.

Para Ujungentengers (istilah yang dipopulerkan oleh bro Andry) ini telah memersiapkan semuanya  satu bulan sebelum hari H! Mau tahu buktinya? Seluruh KHCCers menggunakan touring boot standar, sarung tangan standar serta celana jeans tebal/ celana touring. Ada pula yang mengenakan protector tambahan di siku, lutut dan dada. Jaket? Tidak usah ditanyakan. Merek-merek terkenal berhamburan. Mulai dari FLM, Hein-Greicke hingga Jack-Wolfskin. Beberapa diantaranya bahkan menyempatkan diri membeli helm Full Face keluaran terbaru. Sorry bro, tidak ada penampakan helm abal-abal di sana. Yang ada hanya Snail, INK, Arai, NHK, KYT, GM dan Givi. Bahkan ada helm yang berharga dua juta! Saya yakin, instruktur safety riding paling berpengalaman pun, akan sulit menemukan cacat dari perlengkapan yang dikenakan!

Hujan? Panas? No Problemo Compadre! Semua cuaca “diterima” dengan baik oleh para KHCCers. Hal ini terlihat saat klotur (kelompok turing) memasuki daerah Parung Kuda. Tiba-tiba saja hujan mengguyur. Tanpa komando, semua KHHCers berhenti pada tempat yang aman. Lalu, terjadilah apa yang saya sebut sebagai “a raincoat parade“. Yah, ketika puluhan rombongan touring lain berlindung dari hujan dengan berteduh di rumah-rumah penduduk atau warung, KHHCers justru serentak mengeluarkan raincoat dari boksnya masing-masing. Tanpa ba-bi-bu, dibawah guyuran hujan, semua mengenakan raincoat-nya dengan percaya diri. (Dan sekali lagi, mohon maaf, anda tidak akan menemukan ponco!). Rombongan berjaket kuning tersebut hanya bisa melongo melihat betapa cekatannya KHHCers berganti “kostum”. Tak sampai 10 menit, semua KHCCers sudah kembali melanjutkan perjalanan, meninggalkan para “jaket kuning” yang terkesima. Saya yang berkendara terakhir (bersama bro Dhanes), ingat betul pandangan mereka. Tak lupa seseorang dari mereka mengacungkan jempol kepada saya sambil tersenyum.  Saya pun membalasnya. It’s the attitude that tells how an experienced rider you are!

road to ug...Menghadapi  kontur pegunungan menuju Ujung Genteng, KHCCers dihadapkan pada medan berliku, tanjakan-turunan curam hingga tikungan tajam yang tidak menyisakan area visual untuk melihat arah kendaraan datang. Namun KHHCers tidak gentar. Ditemani pemandangan perkebunan nan hijau, berbagai tehnik dan gaya dilakukan oleh para KHHCers. Ada yang pede melakukan “rebah” pada tikungan tajam, namun ada juga yang melakukan tehnik counter weight untuk menjaga keseimbangan. Beberapa KHCCers bahkan berkendara dengan santai sambil menikmati pemandangan. Seakan-akan merasa sayang melewati pemandangan memukau sepanjang perjalanan. Saat turunan curam, ada yang sengaja melakukan engine break. Namun ada pula yang memosisikan persneling pada posisi 3 untuk menyiasati hal itu. Bagaimana dengan tanjakan? Jangan takut bro! Tanjakan curam yang disambung dengan tikungan tajam, dilibas dengan penuh percaya diri. Hal ini wajar mengingat hampir semua KHHCers sudah melakukan tune-up, ganti gear-set, ganti ban hingga ganti velg! Namun begitu, safety riding tetap nomor satu. Tanpa diperintah, jarak antar kendaran terjaga secara konsisten. Hal ini terlihat ketika memasuki perkebunan teh dan karet selepas Parung Kuda. Untaian panjang KHCCers dengan konsisten melahap jalur secara perlahan namun pasti.

Lalu bagaimana dengan Group Riding-nya? Jawabannya adalah, ” a superb group riding skill is a must for a KHCC rider!”. Dari pemantauan saya yang berada di belakang (sejak awal keberangkatan hingga tiba), group riding saat menuju Ujung Genteng benar-benar memukau. Dengan petugas-petugas yang mumpuni,  peserta yang konsisten serta simpatik, iring-iringan KHHCers tampil apik. Formasi satu baris, jaket yang berwarna-warni, membuat rombongan KHCCers bagaikan Naga Barongsai yang menari, memukau dan mengundang decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Kontur jalan yang meliak-liuk, layaknya nada lagu yang menentukan irama group riding KHCCers.  It’s a view to die for! Well done bros!

KHCC terkenal dengan slogan 3S-nya yaitu Safety, Sympathy and Smart. Dengan begitu, seorang KHCC rider adalah a well trained motorcycle rider. Tanpa basa-basi, hal ini ditunjukkan oleh KHCCers. Beberapa jam menjelang Ujung Genteng, sebuah rombongan motor sport dari Bandung (diketahui dari stiker klubnya dan nomor polisi), sekonyong-konyong mendahului rombongan KHCCers tanpa memedulikan kondisi medan yang berlika-liku. Manuver seperti ini benar-benar mengundang maut mengingat lebar jalan yang sempit dan jurang yang menganga di kanan-kiri. Beberapa diantaranya bahkan menyalakan sirene polisi. Benar-benar keterlaluan! (atau tepatnya kampungan!). Tapi sekali lagi, KHCCers membuktikan bahwa “smart riding is our cup of tea!”. Semua KHCCers langsung menurunkan kecepatan, merapatkan barisan, memberikan jalan (sambil menahan emosi), sebelum akhirnya dihentikan oleh petugas KHCCers yang sigap membaca situasi. Setelah itu, perjalanan kembali dilanjutkan dengan konsistensi yang sama. Memasuki wilayah Ujung Genteng, KHHCers mulai melewati area padat penduduk.  Kecepatan diturunkan. Tidak ada blokir jalan, tidak ada klakson berlebihan. Setiap kali mendahului kendaran lain, dilakukan dengan cara yang santun dan mengacungkan ibu jari sebagai tanda terimakasih. Memasuki kawasan pesisir, ada yang berteriak-teriak kegirangan dan ada yang geleng-geleng kepala terpukau dengan keindahan pantai. Tapi, ada juga yang sempat berhenti dan menunjuk ke arah pantai dengan hamparan pasir disertai deburan ombak. Tak lupa, beberapa diantaranya mengambil gambar dengan kamera.

Selama di Ujung Genteng, KHHCers menerima “penumpang”, para Galangers. Tim backpacker yang terdiri dari enam wanita muda ini menjadi penyemangat tersendiri bagi KHCCers dalam berwisata seharian penuh di Ujung Genteng. Nah, saat mengantarkan Galangers ke terminal Surade untuk pulang ke Jakarta,  semuanya “diwawancarai” oleh para KHCCers yang dibonceng. Galangers mengatakan betapa mereka belajar lebih banyak tentang safety riding, etika berkendara dan juga pentingnya menjaga perilaku di jalanan.

Sadar atau tidak, slogan Safety, Sympathy & Smart kita lakukan dengan cara yang menyenangkan tanpa perlu menggurui.

The Journey is marvelous,

The moment are unforgettable

and The ride is a damn good one!

Have a Nice Ride!

Video Touring Bisa Disaksikan di sini


Iklan

5 comments on “KHCC Adventouride 2008

  1. wih kereenn…!!!

    jadi terpacu nih bro…

    kok kali baca postigan ini hati rasanya menggebu-gebu buat safety and smart..

    percuma aja soalnya kalo cuman safety tapi gak smart..

    mantab bro postingannya…!!

    • Nah sekarang gmana bro? Pede kan kalo safety? He…3x!
      Mulai sekarang jadi virus SR aje bro di komunitas tempat anda bergabung.
      Gak usah menggurui, contohkan dari diri anda sendiri. Kalo sikap positif, pasti akan tertular cepat atau lambat.
      Thanks for the comment & Have a nice ride bro…

    • thanks bro! It’s a damn good one!
      Have you been there? You should, incase you haven’t.
      It’s every rider’s dream come true.
      Windind road, spectacle view & Good Beach … speachless… 😀

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s