2009 DUCATI SUPERBIKE 1198

2009 DUCATI SUPERBIKE 1198

Generasi Penerus Jawara Sirkuit

Bagian 2

Catatan:
Hari Minggu (18/10) lalu, penulis dan rekan-rekan dari KOBOI (Komunitas Bloger Otomotif Indonesia) mendapat undangan untuk menghadiri peluncuran dua produk terbaru dari Ducati di Pluit Junction, Jakarta Utara. Undangan ini disampaikan oleh PT. Supermoto Indonesia, selaku ATPM untuk merk Ducati di Indonesia. Agar pembahasan lebih variatif, penulis membagi tulisan menjadi beberapa bagian. Bagian kedua akan membahas tentang Ducati Superbike 1198.

SBK1198_09S_W_B01S1280x960Berbeda dengan Streetfighter, Superbike 1198S adalah tipe motor full-fairing. Namun, walaupun tampangnya memiliki tampilan “standar” motor sport kelas premium, tapi tidak dengan sejarahnya. Menggunakan generasi terbaru dari mesin legendaris L-Twin, Testastretta Evoluzione yang merupakan saingan tangguh para pabrikan lain di ajang bergengsi World Superbike Championship. Tentu saja ini bukan isapan jempol belaka. Tipe ini adalah generasi penerus dari Superbike 1098 yang berjasa mengantarkan pembalap Troy Baliss menjadi juara dunia World Superbike 2008. Selain itu, tipe yang sama juga digunakan oleh pembalap Noriyuki Haga yang kini menduduki peringkat teratas 2009 World Superbike Championship.

2009 Superbike 11982009 Ducati Superbike 1198. Foto: Ducati.com

Ciri khas Superbike masih sangat melekat. Dua buah lampu depan Halogen, horisontal, yang mengingatkan penulis akan tipe 916. Hal ini menambah kesan agresif, yang tentu saja menjadi ciri khas pada setiap motor Ducati. Posisi mengendarai yang menyerupai pembalap di sirkuit, seakan menegaskan bahwa motor ini memang diperuntukkan bagi pecinta motor balap.Tipe ini juga dibalut dengan rangka yang terdapat di Streetfighter. Untuk suspensi pun demikian. Bagian depan didukung oleh Showa (Ohlins untuk tipe S) Upside-down yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan pengendara. Sementara, bagian belakang diperkuat oleh Showa monoshock. Komponen remnya pun menunjukkan betapa powerfull-nya mesin Superbike. Di roda depan, terpasang double pad, 4 piston rem Brembo. Bagian belakang, single pad 2 piston rem Brembo . kombinasi rem depan-belakang ini merupakan hal yang penting untuk membantu mengontrol “mahluk sirkuit” berkekuatan 1198cc ini.

Perihal Teknologi, Ducati Superbike 1198 juga disertai dengan Ducati Traction Control dan Ducati Daya Analyser. Yang pertama berguna dalam hal melahap tikungan dalam kecepatan tinggi. Sementara yang kedua, berguna dalam mendapatkan data dari motor perihal suhu mesin, putaran RPM, kecepatan hingga pergantian gigi/persneling.  Kombinasi mesin hasil riset dari sirkuit balap, serta teknologi ala MotoGP dan Superbike tak ayal menjadi alasan cukup kuat bagai penggemar motor balap kelas premium untuk memiliki generasi penerus jawara sirkuit ini yaitu 2009 Ducati Superbike 1198. (hnr)

Galeri Foto 2009 Ducati Superbike 1198 & Superbike 1198 S (Foto: Ducati)

Data Teknis (sumber: Ducati)

ENGINE Su;perbike 1198 Superbike 1198 S
Type L-Twin cylinder, 4 valve per cylinder Desmodromic, liquid cooled L-Twin cylinder, 4 valve per cylinder Desmodromic, liquid cooled
Displacement 1198.4cc 1198.4cc
BorexStroke 106 x 67.9mm 106 x 67.9mm
Compression Ratio 12.7:1 12.7:1
Power 170hp – 125kw @ 9750rpm 170hp – 125kw @ 9750rpm
Torque 97lb-ft 131.4Nm @ 8000rpm 97lb-ft 131.4Nm @ 8000rpm
Fuel injection Marelli electronic fuel injection, elliptical throttle bodies Marelli electronic fuel injection, elliptical throttle bodies
Exhaust Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and lambda probe. Twin stainless steel mufflers Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and lambda probe. Twin stainless steel mufflers
Emissions Euro3 Euro3
TRANSMISSION
Gearbox 6 speed 6 speed
Ratios 1st 37/15, 2nd 30/17, 3rd 27/20, 4th 24/22, 5th 23/24, 6th 22/25 1st 37/15, 2nd 30/17, 3rd 27/20, 4th 24/22, 5th 23/24, 6th 22/25
Primary drive Straight cut gears; Ratio 1.84:1 Straight cut gears; Ratio 1.84:1
Final drive Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 38 Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 38
Clutch Dry multiplate with hydraulic control Dry multiplate with hydraulic control
CHASSIS
Frame Tubular steel Trellis frame in ALS 450 Tubular steel Trellis frame in ALS 450
Wheelbase 1430 mm / 56.3 in 1430 mm / 56.3 in
Rake 24,5° 24,5°
Front suspension Showa 43mm with TiO fully adjustable upside-down fork Ohlins 43mm fully adjustable upside-down fork with TiN
Front wheel travel 127 mm / 5 in 120 mm / 4.7 in
Front brake 2 x 330 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc calipers 4-piston, 2-pad. 2 x 330 mm semi-floating discs, radially mounted Brembo Monobloc calipers 4-piston, 2-pad.
Front wheel 10-spoke in light alloy 3.50 x 17 “GP Replica” 7-spoke in forged light alloy 3.50 x 17
Front tyre 120/70 ZR 17 120/70 ZR 17
Rear suspension Progressive linkage with fully adjustable Showa monoshock. Aluminium single-sided swingarm Progressive linkage with fully adjustable Ohlins monoshock with top-out spring. Aluminium single-sided swingarm
Rear wheel travel 127 mm / 5 in 127 mm / 5 in
Rear brake 245 mm disc, 2-piston caliper 245 mm disc, 2-piston caliper
Rear wheel 10-spoke light alloy 6.00 x 17 “GP Replica” 7-spoke forged light alloy 6.00 x 17
Rear tyre 190/55 ZR 17 190/55 ZR 17
Fuel tank capacity 15.5 L (of which 4L reserve) / 4.1 US gal (of which 1 US gal reserve) 15.5 L (of which 4L reserve) / 4.1 US gal (of which 1 US gal reserve)
Weight * 171 kg / 377 lb 169 kg / 373 lb
Seat height 820 mm / 32.2 in 820 mm / 32.2 in
Instruments Digital MotoGP derived unit with displays for: Speedometer, rev counter, lap times, time, air temp, coolant temp, battery voltage, A trips, fuel reserve trip, scheduled maintenance. Warning lights for: Neutral, turn signals, high-beam, rev-limit, oil Digital MotoGP derived unit with displays for: Speedometer, rev counter, lap times, time, air temp, coolant temp, battery voltage, A trips, fuel reserve trip, DTC level selected (if activated) scheduled maintenance. Warning lights for: Neutral, turn s
Warranty 2 years unlimited mileage 2 years unlimited mileage
Body colours (frame/wheels) Rosso (Nero / Grigio) – Bianco perla (Nero / Grigio) Rosso (Bronzo / Bronzo) – Midnight black (Bronzo / Bronzo)
Versions Dual seat Dual seat
* = The weight excludes battery, lubricants and, where applicable, cooling liquid.

Iklan

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s