2009 Yamaha Jupiter Z – Bukan Sekedar Ganti Penampilan

DSCN5857Siapa yang tidak kenal dengan pabrikan Yamaha? Produsen kendaraan roda dua ini mulai melekat di benak masyarakat pengguna motor Indonesia sejak puluhan tahun silam. Terkenal dengan lambangnya yang biasa disebut Garpu Tala oleh kalangan bikers, produsen asal Jepang ini kini semakin menegaskan eksistensinya sebagai kompetitor yang handal di bidang produksi massal sepeda motor. Apalagi sejak tim Yamaha mampu menggondol juara dunia  dan runner-up 2009 MotoGP Championship melalui duet Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Tak lupa juara dunia konstruktor dan tim juga digaet. Otomatis, gengsi Yamaha semakin naik.

Seakan menambah dominasi prestasi gemilang itu, Yamaha Indonesia kembali membuat sensasi. Kali ini bukan prestasi balap, tetapi dalam hal produk terbarunya. Minggu (15/11) lalu, bertempat di Main Dealer Jakarta, DDS I, Cempata Putih, Jakarta Pusat, satu lagi generasi  motor Yamaha dilahirkan. Walaupun belum bisa dibilang officialy announced, tetapi bisa dikatakan ini sebagai soft launch.

Generasi baru itu adalah 2009 Yamaha Jupiter Z. Motor bebek yang sudah eksis sejak 2003 ini kembali hadir dengan berbagai macam inovasi. Sedernaha dan tidak terlalu canggih, tetapi penuh fungsi. Hal ini kemungkinan dilakukan Yamaha untuk mengantisipasi anggapan dari konsumen seperti, “Paling cuma beda stripping”, atau “body doang diganti, semuanya masih sama”. Lalu apa saja sih yang layak dikatakan inovasi sederhana namun penuh fungsi itu? Mari kita perhatikan baik-baik.

2009 Jupiter ZFoto 1. 2009 Yamaha Jupiter Z

Dengan mesin 113cc (generasi sebelumnya 110cc), penampilan luarnya cukup menggundang decak kagum. Lampu sein depan tidak lagi di samping lampu utama. Melainkan berada di sayap, di bawah lampu utama ditempatkan bersama lampu senja. Nah perihal penempatan lampu sein, patut diacungi jempol. Sebab, menurut Slamet, Service & Education Officer dari DDS I, hal ini lebih kepada pertimbangan safety. “Jadi, saat pengendara lain berada di samping, dan lampu sein menyala, pengendara tersebut dapat melihat sinar lampu”. Hal ini diakibatkan oleh desain reflektor lampu yang sedikit “mengiris” ke arah belakang.  “Kita terinsipirasi oleh lampu sein mobil yang juga memiliki lampu sein di samping”, tambah pria yang ramah ini.

DSCN5920Foto 2. Fitur Baru Lampu Sein.

Begitu juga dengan tampilan barunya, dari sisi depan, kesan lebih “berisi” bisa tertangkap dengan baik. Hal ini diakibatkan oleh sayap yang lebih lebar dan terkesan “penuh” oleh penempatan lampu senja dan lampu sein. Sementara di bagian belakang, bentuk lampunya yang menyerupai huruf “T” cukup menyita perhatian.

DSCN5937Foto 3. Bentuk lampu belakang yang menarik.

Nah, selain tampilan, ada juga fitur baru yang lagi-lagi demi memenuhi unsur kenyamanan dan keselamatan. Yang pertama adalah fitur pembuka tempat duduk. Motor bebek konvensional, jika ingin mengisi bensin, pastinya pengendara harus mencabut kunci kontak, lalu membuka tempat duduk, dimana tanki bensin berada. Nah, pada Jupiter Z ini, “kerja keras” pengendara sedikit diringankan. Dengan hanya memutar kunci kontak ke sebelah kiri, setelah posisi off, maka tempat duduk akan terbuka.

DSCN5915Foto 4. Fitur Pengamanan Kunci Stang dan Pembuka Tempat Duduk

DSCN5934Nah berbicara tentang bahan bakar, tentunya banyak yang mengalami overfill saat pengisian bbm. Hal ini biasanya terjadi ketika pengendara meminta untuk diisi full-tank. Karena salah perkiraan oleh operatornya, bensin pun luber. Melihat hal ini, Yamaha kembali memberikan satu fitur baru yaitu adanya semacam penampang karet yang mengelilingi tutup tanki bensin. Tujuannya,  jika terjadi overfill, maka bensin yang keluar dari tanki, tidak berceceran kemana-mana. Melainkan, langsung disalurkan ke saluran pembuangan melalui karet tadi. Dan di bagasi, terdapat penutup bagasi yang walaupun tidak terlalu penting, tapi cukup fungsional.

Oh ya, ada satu lagi yang tertinggal. Demi keamanan dan terhindari dari tingkah pola para pencuri motor, sistem pengunciannya pun sudah diperbaharui. Ada sistem magnet dan tombol penutup lubang kunci yang ditambahkan pada panel kunci kontak. Tombol penutup lubang memudahkan pengguna untuk menutup lubang kunci setelah motor selesai digunakan. Jadi posisikan kunci pada posisi “Lock” lalu tekan tombol, dan lubang kunci tertutup. Lalu untuk membuka penutup lubang kunci, posisikan kunci magnet pada tempatnya, dan putar. Maka lubang kunci kembali terbuka.

2009 Jupiter Z mungkin produk terbaru, tetapi tentu saja masih terdapat kekurangan, layaknya produk apapun yang diproduksi massal. Salah satunya adalah panel speedometer. Walaupun disainnya terkesan futuristik, tapi jika diamati lagi, justru biasa saja. Tulisan “Tehcno Style” dan “Dynamic Speed” pada panel sebelah kanan sepertinya tidak terlalu penting dan sekedar mengisi kekosongan komposisi panel.

DSCN5936Foto 5. Panel Speedometer

Terlepas dari itu, langkah Yamaha melahirkan generasi terbaru Jupiter Z ini patut diacungi jempol. Dengan sederet pembaruan dan inovasi dari komponen mesin (penulis belum membahas), tampilan luar, fitur-fitur keamanan dan keselamatan, bisa dipastikan generasi terbaru Yamaha Jupiter Z tidak sekedar mengganti penampilan. Mungkin ini cara Yamaha menegaskan kembali tagline mereka, “Yamaha Semakin di Depan, Yang Lain Makin Ketinggalan”. (hnr)

Foto-foto suasana launching:

DSCN5929

Sule dan ....... ?

DSCN5933

Rekan-rekan dari JJC (Jakarta Jupiter Club)

DSCN5941

Si ncup dan si seksi...

Iklan

31 comments on “2009 Yamaha Jupiter Z – Bukan Sekedar Ganti Penampilan

  1. kerenn uiiii pastinya dapat bonus yg pake rok ungu kan:-)

    I LIKE THIS====>
    Nah, pada Jupiter Z ini, “kerja keras” pengendara sedikit diringankan. Dengan hanya memutar kunci kontak ke sebelah kiri, setelah posisi off, maka tempat duduk akan terbuka.

  2. @ wawan, kayaknya itu gak deh bro. Masuk kelas premium soalnya. Hueheheh…niat beli ya bro. Nanti coba ditanya sama petinggi YMKI deh.

  3. Ping-balik: Akan dibandrol berapakah New Jupiter Z? « Warung Jomblo

  4. Ini dy yg dtnggu2..dri kls bebek selain vega trnyta si jupi mbrojol.. Lha namanya gk jadi jupiter ZZ ya?
    Blum prnh liat scr lgsg,gk ad d daerah gw ==a. wlopun lbh gantengan dkit dri jupiz dlu,tp kykna kog blibet gichyu y desainya.. Tp ttep yamaha lah! Go go go!

  5. Ping-balik: New Yamaha Jupiter Z Sudah Bisa Dipesan! « bodats the smartbastard

  6. Gila… batoknya em gede…..coba aza kalo new Jupiter z batoknya d ganti sama Nuvo z? mukin lebih elegan…kan lampunya udah ada gede di bawah… dan sayangnya gak monosok em….
    kalo x1r gak jadi di luncurkan di indo ea pak….

    kasih bocoran dong… setelah New Zupiter Z apa lagi c yang akan di keluarin PT. YMKI

    • @ aduy, untuk bebek New Jupiter Z tampaknya jadi pamungkas untuk sementara ini. Motor yang akan dikeluarin lagi? Ada kok, hampir dipastikan awal tahun mau ada lagi nih. Tuh udah saya posting. Kapan si ***** turun gunung? he…3x!

      smart bastard!

      https://bodats.wordpress.com

  7. tampilan keren abis ,memang yang lain makin jauh ketinggalan ,, ni gue udah pake new jupiter z, tapi kenapa ya di tanjakan kalah ama vega r 2004 punya gue dulu,,,,,sayang banget tu,,,

    • ah yang bener bro? Coba disetel lagi mesinnya. Kadang-kadang juga akselerasi yang kurang pas, ancar-ancara yang tidak cukup dan kondisi medan berpengaruh terhadap kinerja saat melahap tanjakan…

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s