CASTROL UNDANG KOMUNITAS RODA DUA

Dengan hadirnya media Internet, berbagai macam informasi bisa disampaikan kapanpun, dan dimanapun. Dari internet pula hadir media komunikasi berbagai macam komunitas, termasuk diantaranya komunitas roda dua yang biasa disebut bikers. Komunitas ini biasanya membentuk sebuah forum diskusi di web, ataupun maling list yang biasa disebut milis. Di media inilah komunitas membicarakan segala hal. Dari mulai tujuan turing, berita seputar otomotif hingga sharing penggunaan produk tertentu di kendaraan mereka. Dampak dari sharing ini bisa sangat mengejutkan. Bayangkan sebuah mailing list dengan anggota 1000 saja, jika terjadi diskusi mengenai kecacatan sebuah produk yang tak direspon oleh produsen, maka image produsen itu bisa berkembang menjadi negatif.

Mungkin ini pula yang melatarbelakangi Castrol Indonesia mengundang komunitas dalam peluncuran produk terbarunya yaitu Castrol Power 1 (motor) dan Castrol GTX (mobil) di Cendrawasih Ball Room, JCC, Jakarta, Kamis (10/12) minggu lalu. Sebelumnya Castrol Power 1 mengundang beberapa bikers untuk melakukan uji pakai produk mereka. Para bikers ini tergabung dalam beberapa klub/komunitas.  Walaupun ada juga yang independen. Dalam tangkapan kamera terdapat beberapa klub/komunitas roda dua seperti HMPC, HSX125, Pulsarian, New Shogun, New Shogun Club, C2S (CBR Corner Society) dan beberapa klub lainnya. Tak lupa rombongan Koboi (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) juga diundang. Sekitar 15 personilnya datang.

Suasana sebelum acara dimulai.

Koboi berbincang dengan rekan-rekan dari HMPC Jakarta.

Jika sebelumnya pihak castrol mengadakan serangkaian uji di sirkuit dengan motor supersport. Kali ini mereka memberikan kesempatan yang sama kepada bikers menguji oli tersebut dalam kondisi keseharian dan realitas jalan raya. Bisa jadi ini akan menjadi sebuah tren pemasaran di masa yang akan datang. Yaitu melibatkan komunitas dengan potensi pelanggan produk. Apakah ini yang dinamakan marketing 2.0? Apakah produsen lain akan tetap bertahan dengan pemasaran konvensional, atau siap-siap beralih ke arah yang lebih inovatif dengan melibatkan sebuah komunitas? Kita lihat saja nanti. Bagaimanapun, langkah pihak Castrol melibatkan komunitas dalam peluncuran produk terbaru mereka patut diacungi jempol. (hnr)

Galeri Foto:

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s