Review: Sarung Tangan Scoyco MX14

Sarung tangan atau hand glove adalah kebutuhan bagi siapapun yang memutuskan untuk mengendarai  sepeda motor. Tentu saja bukan untuk sekedar bergaya, tetapi untuk perlindungan bagian tangan ketika terjadi benturan/gesekan akibat kecelakaan. Nah kali ini izinkan si bodats berbagi pengalaman menggunakan sarung tangan. Dan tentu saja review ini murni dari seorang pengguna, tanpa dibayar oleh pihak manapun. Dan pastinya khas blogger. 😀

Si bodats merasa tertarik untuk menggunakan sarung tangan ini ketika melihat banyaknya bro n sis yang menggunakan sarung tangan ini. Setelah membeli dari seorang “juragan” assesoris biker di salah satu komunitas roda dua, sarung tangan ini pun mulai digunakan pertamakalinya dalam perjalan ke Ujung Genteng akhir 2008 lalu.

Sarung Tangan Scoyco MX14

Dari label yang ada di bagian dalam, diketahui bahwa Scoyco tipe MX14 ini terbuat dari bahan polyester, nylon, rubber (karet) dan kulit sintetis serta pvc. Secara fisik, tipe ini memiliki beberapa fitur proteksi yang layak diacungi jempol. Di bagian telapak, terdapat dua lapisan. Dua-duanya berguna untuk melindungi telapak tangan ketika terjadi gesekan. Bagian ini diisi material kulit sintetis. Bahan ini lembut dan lentur namun juga sangat nyaman ketika dipakai untuk menggenggam setang motor. Nah keuntungan menggunakan bahan ini adalah jika kita berkeringat, bahan ini langsung menyerap keringat yang kita keluarkan.

Bagian Telapak Tangan

Sementara itu di bagian atas/punggung tangan, lebih banyak bahan nylon digabungkan dengan kulit sintesis. Terdapat pula beberapa protektor untuk melindungi beberapa bagian penting. Pada punggung tangan, ada empat buah protektor plastik (pvc) yang (sepertinya) berfungsi untuk mengurangi benturan terhadap tulang kering. Lalu di tiap-tiap sendi keempat jari, terdapat protektor yang dikuatkan oleh semacam konstruksi kawat. Bedanya, protektor di bagian persendian ini terbuat dari bahan karet.

Bagian Punggung Tangan

Terbuat hampir keseluruhan dari nylon dan kulit sintesis, membuat Scoyco MX14 mudah untuk dikenakan karena fleksibilitasnya. Sarung tangan bermodel full (menutupi seluruh permukaan tangan) ini juga mempunyai desain yang sederhana namun gagah dan enak dipandang. Untuk menjaga agar sarung tangan tidak lepas saat dikenakan, sebuah sabuk velcro menjadi elemen pengunci.

Menggunakan Scoyco MX14 hampir seperti tidak mengenakan sarung tangan. Hal ini tidak terlepas dari lenturnya bahan yang digunakan untuk konstruksi. Selain itu, fleksibilitas bahannya membuat tangan kita tidak cepat pegal atau lelah ketika harus berkendara berjam-jam atau bahkan berkendara di tengah kemacetan.

Namun demikian, tipe ini juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya karena bahannya yang tidak waterproof, maka hujan sedikit deras saja akan mampu membuat tangan kita basah. Selain itu, sabuk velcro juga harus diperhatikan mengunci secara keseluruhan. Dan ketika menggunakannya dalam cuaca dingin, perubahan suhu langsung bisa dirasakan.

Walaupun demikian, secara keseluruhan, Scoyco MX14 direkomendasikan untuk penggunaan harian. Sementara untuk perjalanan ke luar kota, masih bisa diandalkan. Gunakan selalu sarung tangan, dan berkendaralah secara aman. (hnr)

Nama Produk : Scoyco MX14
Tipe                       : Sarung Tangan/Full
Harga                    : Antara Rp. 130.000 s/d Rp. 150.000,-
Ketersediaan   : Dapat ditemui di toko-toko perlengkapan biker/roda dua.

13 comments on “Review: Sarung Tangan Scoyco MX14

  1. Harganya koq di tulis antara Rp. 130.000,- s/d Rp. 150.000,-.
    Harga “Pas”nya berapa Gan…?
    Kalo inc ongkir ke Surabaya kena berapa total?
    Tengkyu bifor Gan…

  2. mengutip kalimat diatas: “Lalu di tiap-tiap sendi keempat jari, terdapat protektor berventilasi agar bisa membiarkan udara masuk ke dalam bagian tangan”

    Kemarin saya beli kok ventilasinya terhalang oleh plastik / karet bening ya? apa punya bro juga begitu?

    • Halo bro eddy, saya cek ulang, dan ternyata saya keliru. Benar bro, bahan plastik transparan. Mungkin saya salah lihat merk/tipe yang lain.
      Kesalahan ada di pemilik warung. mangap bro. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s