Scoopy Test Ride: Elegan & Responsif


Setelah sebelumnya menanyakan kepada pembaca blog dan rekan-rekan bikers, aspek apa yang hendak diuji, maka penulis melakukan pengujian terhadap produk terbaru PT. AHM (Astra Honda Motor) yaitu Honda Scoopy, sebuah skutik berbasiskan mesin 100cc.

Dalam acara perkenalan Scoopy kepada publik Sabtu (05/06) lalu, di area Parkir Timur Senayan, pihak AHM dan main dealer PT. Wahana Makmur Sejati, memberikan kesempatan bagi blogger dan masyarakat umum mencoba Scoopy. Area test-ride ini dilakukan di dalam satu area yang disterilkan dan diberikan cone-cone untuk menjadi acuan berkendara. tak lupa proteksi siku dan lutut wajib dikenakan, serta helm dan sarung tangan. “Ayo dicoba! Tapi jangan lupa mengerem!” kelakar Nyoman Kesawa, dari  Divisi HC3 AHM yang sudah akrab dengan para blogger.

Mesin
Sesaat mulai dinyalakan, suara “bletak” yang menjadi ciri khas Beat, sedikit berkurang. Entah karena atmosfer di lokasi yang ramai, atau memang demikian. Saat mulai dijalankan, layaknya Honda Beat, respon mesin terasa sangat baik. Terutama saat mencapai akselerasi tinggi. Namun karena lahan test ride terbatas, akselerasi belum bisa dinilai.

Rem
Cukup mumpuni. Baik rem depan yang menggunakan disc brake, atau belakang yang tromol. Hal ini dirasakan penulis saat mencoba tight corner yang mengaruskan kombinasi slow speed dan rear break. Hasilnya, keseimbangan dan momentum menikung tetap terjaga.

Ergonomi
Bagi penulis yang mempunyai tinggi 175cm, posisi memegang stang dan duduk dirasa sangat nyaman. Saat kedua kaki dimasukkan ke sayap dalam, tidak terjadi yang ditakutkan oleh pembaca blog, bahwa akan mentok di bagian lutut. Namun, kemudian, saat menikung patah, dalam kecepatan rendah, terjadi sedikit “masalah”. Bagian stang menyentuh bagian paha. Beberapa rekan blogger menyarankan untuk duduk lebih ke belakang, dan jangan lupa melebarkan kaki saat berbelok. Penulis pun melakukan hal yang disarankan. Tapi tetap saja setang kemudi sedikit mentok di bagian paha.

Tetap Mentok, Walaupun Sedikit 😀

Foto Dahulu Bareng Cha-cha... 😀

Walaupun test ride masih terbatas, bisa dikatakan Scoopy cukup elegan dikendarai. Mesin responsif yang dibalut dengan body retro-modern serta warna-warna ciamik, cukup membawa aura tersendiri bagi pengendaranya. Tapi bagi anda yang mempunyai tinggi badan seperti penulis, sepertinya harus melakukan beberapa penyesuaian agar mendapat posisi berkendara yang pas. Namun bagi anda dengan tinggi dibawah 170cm, motor ini akan terasa mudah dikendalikan dan ergonomi berkendara sangat mumpuni. (hnr)

Iklan

5 comments on “Scoopy Test Ride: Elegan & Responsif

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s