Pilih Byson, New Mega Pro atau New Scorpio Z?

Berangkat dari sebuah diskusi ringan dengan seorang kawan yang hendak mengganti sepeda motornya, hadirlah tulisan ini. Kawan tersebut awalnya ingin membeli sepeda motor sport terbaru. Tapi entah kenapa, ia jadi bingung karena di waktu yang hampir bersamaan, muncul tiga motor sport terbaru. AHM (Astra Honda Motor) mengeluarkan New Mega Pro. Sementara YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia) menghadirkan Byson, motor sport kelas menengah dan juga edisi terbaru Scorpio Z.

Kawan saya tersebut makin bingung jika menimang-nimang plus dan minus tiap-tiap produk. Ia naksir terhadap New Mega Pro yang sudah menggunakan rem cakram belakang, dan mempunyai tampilan lebih jantan dan segar serta futuristik. Namun ia agak sedikit kecewa dengan kapasitas mesin yang 150cc. Maklumlah, yang bersangkutan penikmat touring. Ia merasa lebih besar cc-nya, lebih nikmat. Namun, ia juga melirik si Byson, yang diakui memiliki wajah street fighter sejati. Desainnya sangat menarik dan mampu memberikan kesan road warrior. Tapi lagi-lagi ia harus kecewa ketika mengetahui rem belakang masih menggunakan tromol. Pilihan terakhir ada di New Scorpio Z yang memiliki tampilan cukup segar dibandingkan pendahulunya. Ia cukup nyaman dengan mesin 225cc yang diusungnya, tapi agak khawatir dengan isu shock belakang yang dikeluhkan oleh banyak pengendara Scorpio. Dan lagi-lagi, rem belakang tromol menjadi minus baginya. Walupun demikian, si kawan tersebut senang melihat ergonomi Scorpio. Jadi, ada yang bisa bantu kawan saya? Jika pembaca menjadi dirinya, dan uang tidak masalah, diantara Byson, New Megapro dan New Scorpio, mana yang anda pilih? Monggo berbagi pendapat. (hnr)

Foto: Byson (Yamaha), NMP (Honda) & New Scorpio (kang taufik).
Olah gambar: bodats
.

Iklan

45 comments on “Pilih Byson, New Mega Pro atau New Scorpio Z?

    • hayah… ini blogger rusuh semua dimarih…
      @giri, untuk harian, pastinya…. 😛 😀
      @bence, xixixix… dah siap, cuma masih draft. satu-satu ahh… 😛

  1. koq gue tetap naksir New Mega pro yak… gak usah modif-modifan segalla, udah ada di motor tersebut. CC Besar, kita penikmat Jalan-jalan bukan penikmat speed, after sales Ok, harga lumayan murah (Kalo ada duit, gak ada mah mahal-mahal juga)

  2. setuju byson…..tampilan mantaf (ban besar,body OK), modif tenaga cuma dikit aja…..(muffler,CDI,busi ganti, setting ulang…rebes dah…).

  3. bu guru aku pilih new mega pro jha…
    soalnya udagh ktahuan irit,harga terjangkau,dan kualitasnya terbaik!!!!
    betul kan bu’???

  4. Tampilan byson kurang sreg,belakang tromol, knalpotnya kaya paha ayam KFC jd kesannya bantet.udah gitu lampu belakang kok kecil yah?
    NMP tampilan mantabs,cakram depan belakang,monoshock and panel spido digital,lampu belakang proposional tp behel belakang kurang enak di liat.150cc apakah cukup utk bawa peralatan lenong utk yg jiwa turing?
    New pio: tampilan ok,stripping dengan sudut2 tajam mengesankan motor dengan aerodinamis tinggi utk motor kenceng. 225cc sudah cukup utk turing and bawa peralatan lenong.tromol belakang masih cukup riskan dengan cc besar.tampilan knalpot memanjang lumayan proposional tp knp dari segi torsi dan langkah stroke dipangkas yah?apa mengincar irit bahan bakar?krn pio lama termasuk penikmat berat bahan bakar.masalah monoshock yg amblas saat berboncengan apa YMKI sudah memperbaiki hal itu?
    Klo pilihannya cuma ketiga motor tsb,saia pilih NMP krn ada total perubahan dari bodi,spido,cakram,monoshock dan mesin.walau cc berkurang tp torsi lbh tinggi dr sebelumnya. Tp saia lbh memilih tiger revo dibandingkan ketiga motor tsb krn cc pas utk turing dan bawa peralatan lenong,faktor safety jg diperhatikan dengan double cakram.
    Demikian uraian komentar dari nyubi(IMHO and CMIIW yak)

    Sungkem,

  5. ehm mungkin saran saya beli BYSON Si Banteng aja..
    ketiga-tiganya bagus tp BYSON sepertinya lebih mantap untuk touring..
    lok touring rem belakang lebih enak tromol.. cz wktu rem spontan tidak berbahaya…
    cz lok prjlnan jauh rem cakram kurang nyaman..

  6. kalau saya sendiri : byson
    kalau saya jadi temen sampeyan : scorpio, krn cocok banget sama hobi turingnya, boros sih tp kan uang g masalah, emang sedikit amblas tp klo temen sampeyan gak terlalu jumbo gpp, cakram dimana mana ada….dari yang cina ampe yang bekas moge

    • mantab nih, banyak yang sumbang saran. Sepertinya paling banyak cenderung ke Byson, diikuti New Mega Pro. Scorpio sepi peminat? 😀

  7. Susah ye… masing2 ada plus-minusnya, tapi kalo saya sih lebih pentingin modelnya, yaitu Byson. Soal power mesin bisa dikilik lah, dan rem cakram belakang juga bisa dimodif. Byson sih paling keliatan hasil perubahannya kalo dimodif, jado makin kental & sangar aura street-fighter-nya.
    Nah, sekarang tergantung lbh pentingin aspek yg mana, mau irit ya New Megapro, mau tampang ya Byson, mau power ya Scorpio. Menurut penilaian saya sih tampang New Megapro agak condong ke arah kedoyanan kaum konservatif, sedangkan Scorpio disainnya gak proporsional, terutama kaki2nya yg gak seimbang dgn bodynya alias terlalu cungkring, kalo Byson tampangnya lbh stylish, modern dan berotot.
    Memang bikin pusing kalo disuruh milih, karena gak ada yg klop segala2nya dgn keinginan kita. Kalo sudah begini, saya pasti larinya ke Ninja R, hihihi… dan untungnya juga saya udah punya Ninja 250R dan Satria F150.

  8. kayaknya lebih nikmat Benson Like aja, model mewah kaya piagio tp merek ga pasaran krn ga bakal dipake tukang ojek. merdeka!!!

  9. Saya sudah pernah pake Tiger, Megapro maupun Scorpio. Untuk mesin, harga part dan ketahanan, sudah pasti pilih Scorpio. Namun untuk purna jual, Tiger n Megapro jauh lebih unggul. Amblesnya shock belakang Scorpio justru menambah kenyamanan saat berkendara.

  10. di antara tiga pilihan di atas ? pilih Byson aja … lumayan tuh buat ngangkat penampilan, tp perhatikan kebutuhan juga, wong sehari-harinya dipakai pulang-pergi kantor kan bukan turing ……

  11. maaf bro agak lari dari konteks neh…..

    Saya mw bli New megapro CW bro…,
    tapi pengen modifikasi velg racing nya ke jari2….,
    klo untuk tromol belakang biar klop dengan cakram nya…kira2 pake tromol apa y bro…,

    tks banget buat saran nya

    • @Charoz, wah sorry bro, ane baru bales. Ane belum tahu tuh. Mungkin karena masih baru, belum banyak juga yang modif begitu bro. btw, kenapa mau ganti jari-jari bro?

  12. PIIH NEW MEGAPRO….dah terbukti mesinnya dari sebelum2nya telah punya generasi n sparepartnya gampang dicari…nah klo byson masih generasi anak kecl klo scorpio menang di cc klo spare n ketangguhan nnya culun n sparepartnya gile mahal..

  13. klo gw sih lbh ke scorpio cz kgunaanny kn bwt touring… powerny tu mntap abis…akselerasiny jg top abis.. klo byson sih akselerasiny tu agak lelet… slaen tu jg byson tu mtor gede boongan, gede krna kondom ja.. enk scorpio kmn2 atuh…

  14. NSZ Lebih menarik dengan 225 cc lebih enak dipakai untuk perjalanan jauh, apa lagi rodanya sudah diganti dengan lebih besar mesin sudah mendukung dan NSZ akan lebih jauh stabil

  15. Utk turing ya jelas pio torsi paling gede, utk gaya jalan santae byson paling gagah, utk ngojek new mega pro paling irit.

  16. tetep pilih NMP,tetap bngga dengan motor yg saya punya! benar2 irit.bensin 10 rb aja udah bisa buat 2 hari dengan jarak tempuh ke sekolah bolak balik bisa sampai 48 km dan pasti nya ngebut tetep jalan!

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s