Mengurus Sendiri Pajak Motor, Berani?

Masyarakat Pembayar Pajak, Sabar Menunggu Giliran Dipanggil.

Catatan: Karena mengambil gambar dengan telepon selular “jadul”, mohon maaf jika gambarnya kurang fokus. 😀

Setiap pemilik kendaraan bermotor, pastinya harus membayar pajak tahunan kendaraannya. Untuk itu, mereka harus menyempatkan diri datang ke kantor SAMSAT (sistem administrasi satu atap) di wilayah masing-masing. Nah, hingga saat ini, ternyata penulis menemukan bahwa banyak juga pengendara roda dua yang belum mengetahui mengurus pajak. Hal ini disebabkan biasanya mereka menitipkan proses pembayaran kepada kurir/jasa yang khusus menangani hal tersebut. Apakah sebegitu sulitnya membayar pajak? Sebenarnya tidak. Berikut pengalaman penulis di kantor SAMSAT Bekasi.

Sebelum datang ke kantor SAMSAT, berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan:1. KTP asli pemilik yang tercantum di BPKB.
2. Jika masih membayar angsuran sepeda motor/kredit, mintalah fotokopi BPKB serta surat keterangan dari Leasing tersebut. Mereka pasti akan membantu.
3. Jika motor sudah lunas, atau membeli cash, maka bawa serta buku BPKB.
4. Siapkan lembar STNK asli dan lembar pajak kendaraan (biasanya tergabung dengan STNK kita).

Setiba di SAMSAT (Bekasi), silahkan isi formulir yang sudah disediakan (Gratis). Cari tempat yang tenang, kondusif untuk mengisi formulir tersebut. Mengisi formulir tidak susah. Tapi jika anda sedikit tergesa-gesa, mampirlah ke tukang fotokopi yang berada di dalam gedung. Tukang tersebut akan memfotokopi surat-surat yang dibutuhkan. Jika anda inginkan, mereka juga akan mengisikan formulir dengan lengkap dan menatanya hingga siap dibawa. Anda hanya perlu membayar uang jasa dua ribu rupiah.

Setelah berkas siap, carilah loket untuk pengurusan motor leasing jika anda masih mengangsur kredit. Jika motor sudah lunas/BPKB di tangan, cari loket untuk pendaftaran. Untuk SAMSAT Bekasi, bagi yang masih mengangsur, naik ke lantai tiga, dan lakukan pendaftaran di loket. Lalu setelah mendapat pengesahan, turun lagi ke lantai dua dan ke loket 3D (kalau tidak salah) untuk mendaftar. Setelah itu, tanda terima dari lantai  tiga dipegang, dan menunggu panggilan. Panggilan pertama adalah pembayaran jumlah pajak dan denda (jika ada). Setelah itu, tanda terima akan dicap, yang artinya sudah membayar. Lalu silahkan tunggu lagi dipanggil di loket penyerahan STNK dan Surat Pajak kendaraan. Jika tidak mati lampu :D, semuanya akan selesai kurang lebih 60 menit.

Bukti terima ini untuk membayar dan mengambil STNK & Lembar Pajak.

 

Tidak ada keahlian khusus yang diperlukan untuk mengurus surat-surat tersebut. Hanya saja, memang kita harus bersabar dalam mengikuti alur pengurusannya. Semuanya bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan “rekanan” yang banyak berseliweran di sana. Siapkan air mineral, untuk menghilangkan dahaga, mengingat ruangannya tidak ber-ac dan pasti padat pengunjung. Sehingga terasa cukup pengap, sehingga membuat tenggorokan haus.

Membaca surat kabar, trik menghilangkan rasa bosan akibat menunggu.

 

Setiap loket mempunyai pengeras suara sendiri, siapkan konsentrasi untuk mendengarkan nama anda dari loket-loket tersebut. Jika nama anda dipanggil untuk kedua kalinya, berarti surat anda sudah siap untuk dibawa pulang. Jika boleh menyarankan, uruslah sendiri pajak kendaraan anda. Jangan takut berurusan dengan birokrasi.  Pemohon yang  melengkapi syarat, pasti langsung diproses. Yang penting bersabar dan mampu menahan godaan untuk aktivitas “shortcut” dengan biaya ekstra. Bikers cerdas tertib di jalan, Bikers cerdas tertib membayar pajak.(hnr)

Iklan

7 comments on “Mengurus Sendiri Pajak Motor, Berani?

  1. Di prambanan,klaten malah lbh cepet n simpel. Hanya satu ruangan kec tempat fc dan cek fisik. Pembayaran stnk tahunan ga sampe 30menit dan samsat prambanan sdh online untk propinsi jateng.

    • @kurnia, sepertinya Prambanan masuk negara lain, bukan Indonesia. 😀 Yang disini mah cuma bisa geleng-geleng kepala saja. 😦

    • @rosad, betul bro. Makanya kalo motor masih kredit, bpkb masih di leasing. Dan biasanya mereka akan kasih surat keterangan utk bayar pajak. Loket sih tetap sama, cuma ente harus acc dulu ke loket khusus motor kredit. Setelah itu baru ke loket pendaftaran…

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s