Mau Kredit Motor? Hitung dulu bro

Foto: om Edo.

Apakah boleh beli motor dengan sistem kredit? Tidak ada hukum yang melarang pastinya. Biasanya, efisiensi biaya transportasi dijadikan alasan utama bagi orang untuk membeli sepeda motor. Masalahnya, tidak semua orang mampu membeli secara tunai. Maka hadirlah skema kredit motor.

Kredit motor bagaikan pisau dibelah dua. Di satu sisi, bagi mereka yang menggunakannya, cicilan motor terasa meringankan dibandingkan membeli tunai. Sementara, bagi mereka yang mampu, pilihan kredit diambil dengan alasan sisa uang bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Tapi bagi yang keuangannya pas-pasan, siap-siap dicekik dengan tuntutan pembayaran tiap bulan. Bagaimana menyikapi keinginan membeli motor baru ini? Mari kita lihat kasus si Mamat.

Mamat, seorang pemuda 25 tahun adalah karyawan swasta. Nah dia mau beli motor baru. Katakanlah si Mamat mau beli Byson. Harga tunainya 19,9 juta. Gaji Mamat 2,5 juta per bulan. Lalu Mamat memilih uang muka Rp. 4.000.000 dan tenor 17 bulan, dengan cicilan tiap bulan Rp. 1,310.000 (angka ini didapatkan penulis dari sini). Sejak ini, Mamat harus merelakan tabungannya dipotong sebesar Rp. 1,310.000 per bulan. Menyisakan sekitar Rp. 1.190.000 di tabungan. Nah sisa tersebut harus dihabiskan pula untuk bbm, pulsa hape, makan di tempat kerja dan lain-lain. Katakanlah menghabiskan 700ribu. Artinya, setiap bulan si Mamat hanya punya duit 490 ribu untuk belanja, jalan-jalan sama pacar atau touring. Cukup? Bisa iya, bisa juga tidak. Ingat, si Mamat harus menahan nafsu bersenang-senang selama 17 bulan karena harus membayar cicilan motor.

Harga Byson 19,900,000
Gaji 2,500,000
Pengeluaran /bulan 700,000
Sisa 1,800,000
Cicilan 1,310,000
Uang Muka 4,000,000
Lama Angsuran 17
Total Pembayaran ** 26,270,000
Total Tabungan * 8,330,000
Selisih 6,370,000
* Akumulasi tabungan selama masa kredit
** Jumlah uang muka ditambah angsuran

Jika kita hitung dalam jangka waktu 17 bulan, atau setara dengan 1 tahun 5 bulan, Mamat mengeluarkan akan mengeluarkan biaya 26 juta untuk si Byson. Terpaut 6,1 juta dibandingkan harga tunai yang 19,9 juta. Lalu pada rentang waktu yang sama, tabungan Mamat hanya terakumulasi pada angka 8,3 juta. Nah loh? Selama 1,5 tahun cuma punya tabungan 8,3 juta? Dari sisi keamanan keuangan, jelas beresiko. Lain halnya jika Mamat sudah membayar premi asuransi tahunan. Jika tidak, ia harus menyiapkan antisipasi biaya kesehatan, kecelakaan, servis motor dan lain-lain. Belum lagi jika tiba-tiba saja perusahaannya bangkrut atau Mamat terkena PHK. Kondisi keuangan Mamat sangat ringkih.

Namun itu berbeda jika Mamat berpenghasilan antara 3 hingga 3,5 juta. Lihat saja, perbedaannya cukup besar bukan? Tentunya lebih banyak dana yang bisa ditabung. Dan ini pun membuat Mamat leluasa membelanjakan lebih banyak dana ke motornya. Entah itu touring, modifikasi atau lainnya. Artinya, walaupun kredit, keuangan Mamat tetap sehat. Cadangan dana siap, motor pun ok. 😀

Harga Byson 19,900,000
Gaji 3,000,000
Pengeluaran /bulan 700,000
Sisa 2,300,000
Cicilan 1,310,000
Uang Muka 4,000,000
Lama Angsuran 17
Total Pembayaran ** 26,270,000
Total Tabungan * 16,830,000
Selisih 6,370,000
* Akumulasi tabungan selama masa kredit
** Jumlah uang muka ditambah angsuran

Nah bagaimana jika si Mamat tetap mau beli, tapi gak mau menderita tiap bulan karena bayar cicilan? Solusinya, Mamat harus rela menabung setiap bulan. Misalnya saja ia rela menyisihkan 1,4 juta per bulan dari gajinya, 14 bulan kemudian, Mamat mampu membeli Byson secara tunai. Memang sih hanya berbeda dua bulan jika Mamat memilih kredit motor. Tapi ingat, selama menabung,  Mamat tidak punya hutang atau harus pusing mencicil angsuran. Doi okeh-okeh saja. Jika terjadi keadaan darurat pun, cadangan dananya masih ada. Setelah meminang si Byson, Mamat bisa tersenyum.

Setelah membeli motor secara tunai, Mamat bisa menabung lebih banyak lagi. Perlahan namun pasti, ia bisa menyisihkan anggaran untuk tambah asesoris, beli perlengkapan berkendara atau juga sesekali touring. Sungguh nikmat, menikmati motor baru tanpa memikirkan hutang sama sekali. 😀

Kondisi: Mamat Nabung
YAMAHA BYSON (150cc, Cash 19.000.000)
Bln Sisa Gaji Dana Motor Saldo Tabungan Saldo Motor Ket.
1 1,800,000 1,400,000 400,000 1,400,000 Mulai Nabung
2 1,800,000 1,400,000 800,000 2,800,000
3 1,800,000 1,400,000 1,200,000 4,200,000
4 1,800,000 1,400,000 1,600,000 5,600,000
5 1,800,000 1,400,000 2,000,000 7,000,000
6 1,800,000 1,400,000 2,400,000 8,400,000
7 1,800,000 1,400,000 2,800,000 9,800,000
8 1,800,000 1,400,000 3,200,000 11,200,000
9 1,800,000 1,400,000 3,600,000 12,600,000
10 1,800,000 1,400,000 4,000,000 14,000,000
11 1,800,000 1,400,000 4,400,000 15,400,000
12 1,800,000 1,400,000 4,800,000 16,800,000
13 1,800,000 1,700,000 4,900,000 18,500,000
14 1,800,000 1,400,000 5,300,000 19,900,000 Beli Byson!
15 1,800,000 1,400,000 5,700,000 Modif sana
16 1,800,000 1,400,000 6,100,000 Modif Sini
17 1,800,000 1,400,000 6,500,000 Touring !!!

Sepeda motor memang menjadi kebutuhan dan juga bagian dari gaya hidup saat ini. Bagi yang butuh kendaraan sehari-hari, ekonomis, fleksibel dan efisien, maka sepeda motor jadi pilihan. Boleh saja beli motor dengan cara kredit, tapi sekedar saran, jangan memaksakan diri. Belilah kendaraan sesuai dengan kemampuan kantong. Toh prioritasnya untuk kendaraan harian. Tapi bagi yang mampu secara ekonomi, kredit boleh digunakan ketika ada dana yang  ingin dialihkan ke hal lain. Misalnya investasi. Tetapi harap perhatikan besarnya angsuran dan juga total pembayaran serta lamanya angsuran. Kredit harusnya meringankan dengan sedikit kompensasi, bukan sebaliknya.

Mudah-mudahan, hitung-hitungan ala blogger ini membantu mencerahkan para pembaca yang ingin beli motor baru secara kredit. Mau menabung, atau kredit monggo diputuskan. Tapi ingat, jangan besar pasak daripada tiang. Kenapa? Nanti tiangnya jatuh. :mrgreen: (hnr)

Iklan

40 comments on “Mau Kredit Motor? Hitung dulu bro

  1. Tulisan bagus 🙂 . Tapi nabung susah yah.. 😀 . Mungkin nabung-nya di semacam asuransi pendidikan dsb. Yang baru bisa diambil normal setelah sekian tahun. Bisa diambil sebelum jatuh tempo tapi kena penalty 🙂 .

  2. sebenarnya kalo perusahaan back up mau bisa pakai dana koperasi karyawan….so bunga lebih ringan dan sisa hail usaha balik lagi ke kita karena kita anggota..

  3. beli motor seken bisa jadi alternatif !!
    lihat aja selisih motor dipakai 1 tahun dengan yg masih baru, bisa menghemat jutaan bro..cuma ya memang kudu bisa bedain motor yg jelek atau bagus, dan mesti sabar ngubek2 kaskus dsj buat dapet yg harganya semurah mungkin

  4. @rasyid, saran yang ok tuh bro. Boleh dishare?
    @orriza, kalo bicara hasrat memang susah direm bro. 😀
    @damhar, betul. Tapi yah itu, motor seken kita harus keli milihnya. Jangan tertipu dengan kilometer karena bisa diakalin. Yang agak susah tuh kondisi mesin, karena masih didalam. Jadi gak bisa dicek.

  5. permissiii…
    salam kenal Oom Bodats 🙂
    bagus artikelnya…pan pengennya kita mah nggak banyak2 ngutang 🙂
    berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian…
    berkeringat menabung, meminang Byson dengan tenang kemudian 🙂
    *cenat-cenut lihat Byson, tapi kasihan bojoku kalo nanti mo ke pasar nunggang si kebo :D*

  6. knp pusing seh soal motor skr dah cangih otak sekarang yang berkerja ane tawarin deh misal byson tu harga 19 cukup bayar 16 juta, setelah itu agan-agan sekalin makai tenang gak usah mikirin cicilan, gak usah takut ditarik motornya karena telat gak usah takut denda, yg perlu agan mesti sabar nunggu BPKB baru keluar 3 tahun lagi…bagaimana gak berat kan. ini namanya kredit murah tapi untuk saat ini mungkin baru wilayah Pontianak dan sekitarnya qqqq ini agar bisa face to face dan bisa akte notari kl mau tapi yg bayar agan – agan sekalian / sekedar surat perjanjian juga Ok jadi no tipu-tipu.. d4nial_arkhan@yahoo.com kirim amail atau Ym ane qqqq cuma Kalbar aja.

  7. berlaku juga untuk motor yg lain pembayar sekitar 60-70 % dari harga pasar ane blom buat drafnya karena Boss masih bilang untuk kalangan tertentu qqqq semoga ane bisa membantu masyarakat Pontianak

  8. saya blum bisa mengang sur cicilan sepeda motor saya
    gmna caranya meng hitung denda perharinya bila telat mengangsur kereditan motor qw

    • untuk itu tergantung denda yang diberikan untuk setiap harinya bro. tanyakan saja pada leasingnya. Leasing yang sudah besar/profesional, selalu memberitahukan berapa denda keterlambatan per hari. Coba bro hitung kembali pendapatan, berapa pengeluaran dan berapa angsuran. Kalau belum mampu, ditahan dulu bro. Jangan dipaksakan. Daripada nanti merugi.

  9. mau kredit motor dengan DP ringan? hubungi JOKO SB Honda Motor Kelapa Dua. Dibuka juga lowongan marketing dengan penghasilan menarik. Hub: 021- 95974334/ 92122573

  10. klu sy org sederhana gak mampu beli bru diatas 20jutaan apalagi kredit dan model motor selalu menarik sungguh minggiurkan.
    jd sy selalu beli second.dulu smash 4jt sy jual 4500jt.suprax 7jt sy jual 8jt.beli mx sy jual untung 400ribu.lalu vixion 15jt jual 16jt.
    soalnya klu kredit takut gak bs ganti2motor .dan sy paling lama makai motor hny 10bln .rencana tergoda dng new minerva vx tp msh ngintip jandanya.motor sy sekarang viar vix r thn 2011 7jt ada yg nawar 7500jt.sayang mau dijual msh enak.

  11. penghasilan sy dibawah simamat.tp sy mudah tergoda oleh model2 motor lebih takut lg pny beban diluar kemampuan ntar hidup jd memble.solusinya pny motor second asal bs jalan dan gak ngerepotin alias normal gak rusakan.dan bs ngantar kemana2klu pingin model lain bs di jual tinggal nambahi dana semampunya.

  12. Hukum kredit : “yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”.
    Judul film “Setan kredit”

    Ada motor yang penting bisa jalan itu sudah cukup, hidup apa adanya bro, hidup gengsi di ibukota kelaut aja,,

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s