Rangka Honda New Mega Pro Meragukan?

Beberapa hari lalu, penulis sempat mampir ke rumah salah seorang kawan blogger. Nah, kawan ini baru saja memiliki 1 unit New Mega Pro, sport terbaru dari AHM (Astra Honda Motor). Nah, saat lagi asyik mengobrol ngalur-ngidul, dia menunjukkan satu bagian yang mengkhawatirkan dari motor barunya itu.

“Ini aman gak yah? Kok gue jadi rada khawatir,” ujarnya sambil menunjukkan rangka bagian depan, yang mengarah dari bawah ke atas, di bagian depan mesin. Di bagian yang ditunjuknya itu, ada bagian rangka yang, jika menurut istilah orang bengkel, di coak alias dipotong sebagian. Setelah diperhatikan dengan seksama, sepertinya bagian yang dipotong itu, untuk memberi jalan bagi pipa exhaust/knalpot yang keluar dari mesin. Sontak penulis merasa kaget juga. Kok bisa yah, rangka dipotong seperti itu? Baru sadar, hal semacam itu di motor terbaru keluaran AHM ini.

Rekan penulis tersebut, yang juga seorang arsitek menuturkan, “Gue memang bukan orang konstruksi otomotif. Tetapi juga belajar struktur. Menurut gue, sepertinya cukup mengkhawatirkan jika keutuhan satu penyangga atau apalah namanya itu di motor, dicoak seperti itu. Otomatis, kekuatannya berkurang bukan?” sambungnya sambil mengamati bagian tersebut.

Nah, masalah ini sempat penulis tanyakan kepada seorang mekanik dari bengkel AHASS. Mekanik tersebut mengatakan, “Setahu saya sih mas, rangka yang di depan itu Cuma untuk “mengikat” mesin saja. Jadi yang penting itu, konstruksi yang dari belakang ke depan melewati tangki. Itu setahu saya loh mas.” ujar mekanik ini dengan rendah hati. “Lalu kalau ada hentakan keras, misalnya menghantam lubang, atau jalan yang kurang rata?” tanya saya lagi. “Oh kalau itu, getarannya disebar ke rangka atas. Kan dari teleskopik depan, langsung mengalir ke rangka yang di atas.” Jawabnya lagi. “Kalau mas ragu, boleh ditanyakan langsung ke AHM,” tambahnya lagi.

Penulis sendiri belum merasa puas dengan jawaban itu. Jadi mungkin dimuat di blog ini, siapa tahu ada rekan pembaca yang lebih paham, bisa membagi informasinya. Jika ada yang menanyakan kenapa tidak langsung tanya ke AHM? Penulis menilai biarkan opini diberikan secara terbuka, biar konsumen bisa mendapat penjelasan. Yah mudah-mudahan ada yang baca blog, sehingga mau memberikan klarifikasi. Yah namanya juga konsumen, sudah beli dan percaya dengan produk yang dibeli, dengan uang hasil jerih payah. Jadi sah-sah saja merasa khawatir. Apalagi ini menyangkut keselamatan juga.

Mudah-mudahan ini bukan cacat produksi, atau desain. Jika memang ada alasan kuat mengapa harus dilakukan hal tersebut (memotong sebagian) besi rangka, monggolah dibuat penjelasan kepada publik. AHM, monitor? *rakom style* (hnr)

Iklan

94 comments on “Rangka Honda New Mega Pro Meragukan?

  1. hm…ane analisa, klo rangka kyk vixion / cbr utk pemegang mesin kekuatan ny emang konstruksi yang dari belakang ke depan melewati tangki, secara rangka deltabox ataupun yg sejenis itu tebel dan gede…kuat menggantung mesin, sedangkan rangka tubular pd NMP, Scorpi, Pulsar dan lain-lain konstruksi ny harus 1 keutuhan…klo di coak coak gitu bisa ringkih…monggo silahkan klo ad yg mau menanggapi…

  2. yang di india(dazzler) juga gt, kecuali dazzler rangkanya gak ada coakan baru layak dipertanyakan,klo menurut ane gak mgkn atpm sekelas honda mau melakukan sesuatu yang menjadi blunder ,pasti uda diperhitungkan mateng2…

  3. setuju, pasti udah diperhitungkan honda, dann jawaban mekaniknya masuk akal, ya mirip kerangka binatang berkaki empat, tulang punggung (rangka atas) sebenarnya penopang tubuh, sedangkan tulang rusuk ( rangka bawah) hanya pelindung organ saja.. opiniku lhooo.. 🙂

  4. kalo memang diperhitungkan coba para engineer AHM untuk memberikan klarifikasi mengenai hal ini, jangan pada ngemeng aje……seperti pada konstruksi baja di gedung aja… kalo udah dicoak pasti lah keseimbangannya terganggu, ntu yang para komentator bayaran coba diklarifikasi……

    • yang jelas pasti diperhitungkan…klo ada apa2 toh mreka rugi, untuk perusahaan sekelas mreka sebelum mereka bertindak pasti sudah mimikirkan semua resiko yang mgkn muncul…jgn terlalu jauh dibandingkan ke konstruksi baja gedung,untuk konstruksi gedung sah sah aja di modifikasi (coak),tapi pasti diperhitungkan bagian mana yang boleh dan bagian mana yang perlu ada penguatan.untuk lebih lanjut tanya ama orang sipil,klo untuk NMP tanya orang honda hehehe

      • @davied, konstruksi gedung mah kagak mungkin bro dicoak, bisa berabe… mungkin yang dimaksud bro alex, prinsip strukturnya. Jika dikurangi, otomatis kekuatan berkurang. Kalo memang sudah diperhitungkan, apa gak ada jalan lain selain mengorbankan struktur?
        @deviel, tetap khawatir kah gak apa-apa bro. Namanya juga konsumen.
        @kang ojek, yah garansi percuma juga sih bro, kalo pas kedubrak di jalanan. Kalo nyang make masih idup? 😀

        • hehe iya,makanya ane tambahin kata modifikasi…krn untuk upgrade gedung kadang ada yang modifikasi untuk bla bla nya tanyaken pada ahlinya hehe

          • mo memperbaiki komen sebelumnya..layak “dipertanyakan” utk mslh ini,klo saya liat si ini bagian dari efisiensi,krn untuk rangka tengah kayaknya masi sama ama megapro,glpro dan kroni2nya hehe…(skalian test gravatar,biar makin jelass jd komengkotor,eh komengtator..)

  5. mas bro yg namanya struktur haram hukumnya ada modifikasi macam bikin coakan kayak gitu, new mega pro produk baru semestinya secara design sdh diperhitungkan dgn matang, sehingga tdk mengorbankan struktur rangka, br kali ini sy liat produk baru br dgn rangka model kayak gini. Mestinya orang AHM mesti klarifikasi mengenai hal ini

  6. orang AHMnya mana yah? Moso kalo udah ada itung2annya jawab ginian aja lama bener…! Atau memang sengaja trial and error dulu..?

  7. Mungkin “itung2an” geometrinya baru ketauan kalo dibagian deket exhaust kelebihan berat, dan produk sudah diproduksi banyak… trus solusinya dicoak2 😀 (mungkin lho ya.. 😀 )

    • @yudi, wakakakaka… bisa aje bro…
      @alexa, sabar, siapa tahu mereka lagi cari buku manualnya. 😀
      @j4na, perhitungan macam apa ya? 😀

  8. mestinya itu bukan cacat desain (tp apa boleh buat memang kliatannya spt itu, meski mungkin tidak mengurangi fungsinya)….kalaupun benar untuk memberi jalur knalpot mestinya desainnya bukan spt dicoak begitu saja…..
    gimana nich desainer honda?

  9. maaf mas,sya pengguna NmP,sya dah liat2 ke sasis tsb.gak ada coakan ko.masa coakan kelihatan bgt kya sengaja dipotong,kasar lg hasilnya.ngarang nih…ada-ada aza akh.

    • @kilabid, jangan nuduh sembarangan bro…. gak percaya? ayo ketemuan, ntar ane kasih tahu tuh coakan… Kalo ente gak ada coakan, berarti ini cacat produksi. Kok bisa beda begitu….
      @hadi, akur bro… ini harus dijelaskan sebenarnya…
      @anjani, akur bro.. tapi gak apa-apa toh menanyakan? 😀
      @abu, betul bro. itu juga pendapat kawan ane. Makanya ada pertanyaan…

      • bener ada coakannya.. ngigo kali pas ngecek.. atau jangan-jangan gak tahu bedanya megapro lama sama yang new.. hehehehhehehe

  10. jawaban mekanik itu udah ckp menjelaskan kok mas..ya namanya juga motor harian, klo dipke cuma buat ngantor aja ya cukup laaahh…dgn hrg mtr segitu, super irit, tarikan yahud, menurut ane cincay laaagh..

    emang nih motor buat dipake apa sih? klo rusak krn kena lubang? ya jgn salahin pabrikan, salahin tuh koruptor..coz semua motor klo kena lobang ya pasti nyungsep !! motor yg biasa dipake bang Rossi juga pasti berantakan tuh motor…wkkwkw…ane curcol

    ane pun pernah khwtr kok, tp logika aja..tiap motor kan ada beban maksimalnya, tiap design/type motor kan ada peruntukannya..
    lagi pula mana berani nanggung resiko utk perusahaan sebesar Honda.. mesti bayar ganti rugi ke ribuan konsumen … :hammers

    • Brur!!
      Jadi pengen nanya, kalo anda punya motor & kedapatan seperti ini mau diem aja? Nrimo & maklumin aja karena harganya yang ‘segitu’, terus bilang ‘cingcay’ kayak di Glodok! No way!

      Jaman sudah berubah bung! Orang mau beli karena percaya produk & teknologinya bagus. Setiap produsen kudu punya rasa tanggung jawab pada produk yang dibuatnya! Jangan berkelit cari alasan kalo ketahuan punya kekurangan. Kalo memang kuat, ya terangkan dengan jelas & buat jaminannya.

      Mie Instant yang harganya 1500 perak aja bisa dituntut produsennya kalo ternyata membahayakan konsumennya. Apalagi ini produk seharga 19.4 juta perak!. Ganti rugi kan konsekwensi logis kalo memang ada kesalahan! Kalo menyangkal, hukum pasar yang akan bicara!

      • Sabar bung !!…
        Yang saya tekankan adalah kesesuaian ama porsi pemakaiannya..
        Klo NMP dipakai buat lompat gedung ya iya laaah pasti ambrol tuh rangka mesin..
        Beli mie instan yg hrgnya cuma 1500 perak klo situ makan ama bungkusnya ya sama aja.. bakalan sakit perut kowe…trs kowe nuntut ke produsennya? ngawuurr..!!

        Klo situ punya motor HARIAN yg bagus, rangka+shocknya kuat gede2 konstruksi OK.. trs situ kena macet lewat trotoar akhirnya hajar lubang..BLEDAAGH!! tapi peleknya blesek ringsek.. iki piye? nuntut kesiapa? salah siapa?
        ya salah anda bung.. krn anda melewati batas fungsinnya, salah pemakaiannya.

        Klo mau lompatin gedung ato hajar lubang minimal ya belilah motorcross opo motor trail gitu loh..hrg mahal dikit ya krn sesuai ama peruntukannya..konstruksi rangkanya kuat..
        Terkecuali klo NMP mesinnya tiba2 ambrol dgn sendirinya gara2 tuh coakan…monggoooo… hayuuu…barengan kita tuntut produsennya..
        Makanya saya berani bilang.. “walau agak khwtir, tp NMP utk harian cincay laaagh…”
        Toh semahal apapun semua barang pasti ada kekurangannya kok..piss yo mas..

  11. kalo dilihat coakannya, tumpuan bidang lebih lebar dari poros coakan, kalo lihat kontruksi seperti itu masih kuat sih, apalagi besi tersebut bukan besi kopong kan? btw klo lihat coakannya kasar seperti itu sepertinya terlalu memaksa

    seperti mega pro sebelumnya yang banyak kasus tidak centernya swing arm

    • Itu besi kopong ( seperti pipa ) bro , cuman ditutup plat lagi…
      padahal kalaupun utuh tidak akan mengganggu jalur pipa knalpot..CMIW..

  12. wa wa wa wa waduuh..
    alangkah kagetnya, baru saja saya cek ke NMP punya sodara saya.
    tiga bulan pake nih motor baru tau rangkanya ada coakan gitu.. patut disayangkan!!

  13. Hehehe….jadi rame ya dats. Gpp deh…daripada timbul rasa was-was buat para pemakai NMP.
    Lagipula ini jadi bentuk pembelajaran bahwa orang Indonesia sudah semakin kritis, engga cukup diberi iklan bagus langsung percaya aja pada suatu produk. Engga cukup dibuai dengan harga yang murah & gampang beli tapi ternyata menimbulkan rasa khawatir. Ini menyangkut keselamatan konsumen dan sesuai dengan concern Honda pada keselamatan berkendara. Apalah artinya biaya yang dikeluarkan untuk riset produk suatu pabrikan agar aman untuk konsumennya dibandingkan dengan laba ATPM yang fantastis setiap tahunnya 😀

    • @anjani & one, ayo diskusi, jangan lupa beli es cendol yah, biar gak kepedasan… 😀
      @lingga, tikusnya pake bikini ya? *siul-siul*

  14. anjani walaupun nmp dipake buat harian, model rangka begitu tetep aja bikin khawatir,gak bakal patah anda yakin ? Udah dites kekuatan rangkanya oleh badan yg berwenang..?

  15. serem juga kalau pas ngangkut beras 2 karung trus kena poldur / lobang yang lumayan dalem ,

    keep brotherhood,

    salam,

    • @geo, tetapi AHM tetap hutang penjelasan kepada publik, mengapa itu dilakukan. Kalo memang sudah diperhitungkan, gak ada ruginya kan menjelaskan?
      @nsx, betul bro. Seharusnya, dari sisi desain bisa dibuat lebih baik lagi.
      @gogo, kemungkinan bro. Motor seharga 20 juta, gak mungkin rangkanya disamain sama motor seharga 46 juta. 😀 Tapi paling tidak, dikhawatirkan, kurangnya kekuatan rangka tersebut. Yah, namanya juga konsumen, boleh dong bertanya. Tapi jangan sampai nunggu jatuh dulu bro… xixixixixi :mrgreen:

    • sudah pernah coba naikin tiger/megipret yang mesinnya dicopot?
      chasisnya geal geol.

      beban ga cuma disalurkan ke rangka utama. tapi juga ke chasis bawah dan mesin juga.
      dengan kata lain mesin dan chasis yang dicoak tersebut ikut menerima sebagian beban.

      pastinya desainer honda sudah memperhitungkan kekuatan rangka nmp.

      heran juga kenapa honda ga pake chasis doube cradle, udah tau intake & exhaust pas di tengah2 chasis.

  16. Ping-balik: Rangka Coak, Segitiga Patah, Komstir Oblak, Bagaimana Sikap ATPM..? « bennythegreat.wordpress.com

  17. Desainnya masih pake punya dazzler, mestinya AHM berinisiatif redesain ASAP spy ga hilang kepercayaan, sama spt kasus pecahnya segitiga byson ato komstir vixion http://bennythegreat.wordpress.com/2011/04/21/rangka-coak-segitiga-patah-komstir-oblak-bagaimana-sikap-atpm/ . Mungkin juga motor laki jaman sekarang kebanyakan aksesoris spy kelihatan macho atawa futuristik + ban gaban , jadinya klo yg dipake basis rangka model lawasnya ya nda nahan pada durasi pake yang sama. Bandingkan dengan keawetan honda seri GL dan yamaha seri RX yang walaupun desain rangkanya simpel namun terbantu bobot total yang relatif ringan.

  18. berarti konstruksi NMP gak dirancang buat kena benturan super keras atau kecelakaan hebat..
    intinya jangan jatuh keras..

  19. kayak byson, tampangnya seh sangar keker, tapi.. baru ngehajar lobang eh trus keseleo aja engselnya patah dech 😆

    coba dech getok pake palu tuh coakan, retak ga? 😆 😳

  20. di india sono ada gak kasus rusaknya rangka dazler… Kalo gak ada kmungkinan jg gapapa… Beda ama fz16 yg d india sono juga bmasalah

  21. Ping-balik: AHM perlu menjelaskan bahwa Coakan di rangka Honda New Mega Pro tidak bermasalah! « Joe Trizilo

  22. Menurut saya coakan rangka di NMP tdk akan membuat rangka menjadi kurang kuat karena coakannya tersebut juga sudah ditutup plat yg melengkung dan dilas tebal .
    (pengalaman custom rangka standar buat kompetisi offroad)

  23. Tadi saya melihat NMP parkir, dan setelah diperhatikan coakan itu memang ada..
    Kokoh tidaknya sebuah struktur yang ada coakan tergantung pada bentuk penguat dalam coakan tersebut, jika penguatnya berbentuk bersudut maka kemungkinan bisa terjadi pemusatan gaya yang menyebabkan struktur rangka menjadi rapuh, tetapi jika penguat menggunakan bentuk oval/bulat maka gaya akan terdistribusi dengan sempurna dan rangka tetap sempurna (design mencontoh betuk telor yang kuat menerima beban lebih):::tentu Mr.bodats tau hal ini..
    Contoh paling mudah adalah bentuk coakan pada struktur jembatan, disini digunakan penguat berbentuk oval/bulat. Dan saat saya lihat di NMP digunakan coakan berbentuk bulat ini. Jadi jika dilihat dari kekuatan struktur coakan ini tidak mempengaruhi kekuatan rangka. Tapi jika dilihat dari sudut estetika..mungkin akan ada beberapa orang yang terganggu..

    • @rossi, saya rasa tidak ada coakan di struktur jembatan bro. Kalo pun melengkung/oval, karena strukturnya sudah demikian. Artinya, struktur memang didisain seperti itu. Sementara dalam kasus NMP, justu struktur yang “dirusak” / “dimodifikasi” dengan membuat coakan….

  24. Analoginya hampir sama bro..
    Jika kita membangun sebuah jalan/jembatan dan karena suatu hal terpaksa ada aliran air yang membelah jalan tersebut tentu seperti coakan, tetapi yang saya tekankan disini adalah penguat yang digunakan..

  25. Ping-balik: Review Blogz,… ketika Bro Hendrawan mengangkat persoalan rangka New Megapro… perlu klarifikasi kelihatannya …!!! « Rudi Triatmono Personal Blogs

  26. widih ngeri,.
    komen2’a dah kaya tukang insinyur hehe,.
    mpe ane mhsiswa yg ngambil konsentrasi dibidang konstuksi tingkat ahir yg lagi nyusun skripsi ini merasa minder baca’a hehe,.

    pndapat ane sih idem ma tu mekanik n om rosi forever,.
    turut menyimak ja,mbil blajar dari om bodat,mungkin ilmu om budat lebih tinggi dari peda tukang insinyur’a AHM,.

    • @huueyy, ane kalo ilmu makan, pasti lebih tinggi bro dari insinyur AHM, itu dijamin.
      Lagian, ngapain juga AHM takut kasih klarifikasi kalo emang ada argumentasinya. Iya toh?
      Gak apa-apa lah, lha wong orang udah keluar duit 20 juta, masak gak boleh nanya. Ane sebagai pembayar pajak, dan konsumen otomotif, punya hak dong untuk nanya. Tapi yang ditanya, malah diem apem… yo wis, asumsi yang berkembang….

  27. yang ini lagi buat tulisan sama, bikin panas aja, mas..ntu emang desainnya begono, tapi rangkanya tetep kuat kok, gak usah ragu nyantai aja, ente pake 10 tahun aja gak bakalan rusak, buktikan aja ! rangka bermasalah uang kembali lah.

    salam -tio – sales honda (0813 6753 8181)

      • lah napa mas juga ribet ngurusin konstruksi…? emang mas penanggung jawab teknis ya ? :p

        Wis dadi ra genah kabeh…:)

        Keep Brothehood & Keep Safety Riding

    • Mas Tio, Terimakasih jawabannya.
      Anda bicara betul atas nama perusahaan AHM? Apakah betul ada SOP seperti itu? Boleh tahu garansi 10 tahun tersebut batasannya apa saja?

      Kebetulan ada teman yang rangka Mega Pronya patah sampai 3 kali sehingga ganti Pulsar. Untuk teman saya tidak ada urusan lagi karena sudah ganti motor.

      Tapi kalau betul ada jaminan seperti 10 tahun tersebut sampai uang kembali, akan saya bantu umumkan. Asal policy tersebut betul-betul dijalankan.

      Terimakasih.

  28. @om bodats…
    susah om klo dah menyangkut pabrikan yg 1 ini…klo ad artikel yg mempertanyakan gini pasti dah bermunculan fanatis fanatis gila yg ngebela-bela…maka ny jgn heran gak ad konfirmasi yg memuaskan dr pabrikan yg bersangkutan wong cukup anak buah ny yg ngerecokin masuk ke artikel lalu ngebela-bela + membelokkan masalah alias nti membandingkan dengan merk-merk lain + dibilang artikel gk bermutu dan sgala macam bahkan pemilik artikel di hujat rame-rame ama tuh fanatis gila…
    note:
    bahkan klo dah terjadi insiden yg menyangkut motor kluaran pabrikan yg 1 ini, mereka terkesan mencuci tangan coz di bilang lah faktor kesalahan si pemilik motor padahal tuh motor dah dibeli dgn uang jerih payah sndiri eh giliran trjadi insiden di salahin krn faktor pribadi…nyesek? pasti iya

    • @virus, ane gak gentar om. Monggo dibela, tapi yah namanya juga busuk/amis, pasti tercium juga toh? Mau dihujat? monggo, biar pembaca yang menentukan, siapa menyembunyikan apa.
      @arantan, ngumpet dia coy. Cupu…

  29. Ya ampun… lo cuma beli motor 19,5 juta aja ramenya sampe ngekhawatirin pengguna motor yang lain… ganti aja motornya kalo loe emang ragu… ga perlu coment… liat motor drugs… aman kok… ngantem lobang 6 meter pun ga jadi masalah… santai aja bro.. nikmatin yang ada ga perlu rusuh…

  30. Tambahan.. Bro… jika ada kecelakaan untuk pengguna NMP,, biarin aja.. sudah takdir.. ga usah loe ribetin yang blom terjadi… gue.. tau lo nyari jabatan lewat media blog ya… cape deh… hari gini jadi batman di indonesia ga jaman bro…

  31. aduh emang klo masalah estetika rangka ama pengelasan rangka merk honda masih kalah ama suzuki, yamaha, atau kawasaki bener ga bro?? liat aja finishing las2nnya ketiga merk trakhir rapi jali, tapi honda lipatan pelat, kulit jeruk bekas casting, sisa welding kurang dipoles bagus… ato untuk ngejar kuota motor sejuta umat kali ya?? klo masbro semua sering liat discovery turbo kayak custom motor2 chopper dsb leher knalpot malah dilekuk-lekuk ngindarin rangka ato mesin, biar lebih gaya, tanya aja deh ama om Paul Sr…

  32. kalau menurut ane sih coakan itu gak apa2 karna coakan itu kan di tutup dgn plat lagi & di Las mati jadi Kemungkinan Gak perlu di kawatirin ……..pabrikan lebih tau ..mereka brani mengeluarkan begini karna sudah lulus uji … itu klw mnrt saya karna sy juga menunggangi NEW MEGAPRO Blue. sekian semoga menambah informasi …….karna sy juga bekerja di bag. konstruksi baja.

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s