Kronologis Kecelakaan Akibat Lampu HID

foto: om saft / http://www.saft7.com

Sesuai dengan janji penulis, maka izinkan untuk berbagi kronologis kecelakaan yang menyebabkan bro Ableh, salah seorang member KHCC (Karisma Honda Cyber Community) mengalami kecelakaan akibat pandangannya tersilaukan oleh sinar lampu HID (High Intesity Discharge) dari mobil berjenis minivan.

Sabtu (17/9) malam lalu, menjelang tengah malam, bro Ableh baru saja pulang dari aktivitas akhir pekan bersama rekan KHCC lainnya, bro Eko. Karena rumah mereka berdua di Bekasi, mereka riding bareng melewati jalur alternatif di seputaran Ciansangna, dekat kawasan Villa Nusa Indah, Pondok Gede. Mereka berdua baru saja mampir ke rumah kawan di daerah Cibubur.

Saat itu, Ableh dan Eko konvoi dengan jarak yang cukup aman antar keduanya. Saat mendekati sebuah tikungan, menurut pengakuan Ableh, ia sudah melihat  sinar lampu yang terlalu terang dari arah berlawanan. “Gue cukup yakin itu lampu HID. Warnanya gak kuning kayak lampu standar, tetapi putih. Dan arahnya ke atas, bukan ke bawah.” Ujarnya menjelaskan. Di saat yang bersamaan, di depan mereka berdua, juga ada dua sepeda motor yang tengah berkendara di jalur yang sama.

“Saat gue lewatin dua motor itu, jarak mobil tersebut ke gue masih agak jauh. Untuk ngasih tahu kalau lampu dia bikin silau, dan sebagai tindakan pengamanan, yah gue nyalain lampu tembak. Lumayan menetralisir sih. Tapi memang itu lampu silau banget.” Ujar Eko sang Waketum KHCC menceritakan kejadian malam itu.

Jika Eko mampu melewati kedua motor di depannya dengan aman, lain halnya lagi dengan Ableh. Mahasiswa keperawatan gigi ini terlambat bereaksi ketika sang mobil yang menggunakan lampu super terang itu tepat berada di depannya. Alhasil ia mengalami kebutaan sesaat. “Gue udah berusaha untuk tidak melihat ke arah itu. Tetapi emang tuh sinar silau banget! Kayaknya gue blank sesaat tuh. Alias buta sesaat! Nah, pas tuh mobil udah lewat, gue baru bisa lihat. Nah, gue juga kaget. Kok tiba-tiba dua motor di depan udah jalan beriringan. Padahal sebelumnya mereka masih formasi berbaris.” Tambahnya menjelaskan kondisi saat itu.

Bagian batok depan-belakang, pecah.

Bagian segitiga kemudi juga diduga menjadi "korban"

Walaupun sudah melakukan pengereman, Ableh sudah terlambat. Motor Karisma-nya menabrak kedua pengendara motor tersebut. di tengah gelapnya malam. Ableh pun terpaksa tersungkur “mencium” ibu pertiwi :D. Nasib naas juga dialami oleh kedua pengendara di depannya. Alhasil, 3 orang biker tersungkur dalam waktu yang bersamaan. Eko, yang mendengar suara “gusrak”, langsung mengecek spion dan mengetahui kalo rekan seperjalanannya tersebut terjatuh. Ia langsung memutar balik.

“Gue dah langsung feeling si ableh pasti jatuh karena sinar lampu tuh mobil. Makanya gue langsung berhenti, muter balik dan berniat ngejar tuh mobil. Tapi melihat kondisi ableh, yah terpaksa gue tolongin dulu deh si gembul itu.” Ujar Eko yang sehari-hari bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi tersebut.

Singkat cerita, kondisi Ableh tidak terlalu mengenaskan. Dua korban lainnya juga hanya menderita luka-luka ringan. Untungnya, kedua korban tersebut justru memaklumi kecelakaan tersebut. “Saya juga silau lihat lampu mobil tadi” ujar seorang korban kepada Ableh saat dirinya meminta maaf. Sementara 4 anak manusia tersebut saling menolong saat tertimpa kecelakaan, pengemudi mobil berlampu HID itu sudah hilang entah kemana. Mungkin, “mencari korban” lagi? Tak tahulah.

Justru Bohay (sebutan pengguna Karisma bagi motornya) Ableh yang mengalami “luka-luka” serius. Batok depan-belakang patah, lecet pada lampu sein depan dan lampu utama. Serta bengkoknya garpu teleskopik (keren banget dah istilahnya) alias suspensi depan. Dari lokasi kejadian, hingga ke rumah bro Eko, Ableh harus mengendarai motornya dengan kondisi tersebut. Belakangan diketahui motor Ableh mengalami kerusakan di bagian segitiga kemudi, shock depan yang bengkok hingga as roda yang tidak lagi linear/lurus.

Lecet di bagian lengan akibat tidak menggunakan jaket.

Tapi penulis juga curiga, kenapa kok Ableh mengalami lecet di tangan? Dengan polosnya, mahasiswa bertubuh tambun tersebut mengaku melepas jaketnya. “Gue sadar sekarang, emang harus pake jaket. Emang sih, kebiasaan gue pake rompi. Padahal lu udah sering bilang kalau pake rompi, harus pake protektor atau minimal baju lengan panjang. Padahal, tuh jaket ada di box.” Ujarnya memelas. Well, nasi sudah menjadi bubur. Ableh harus belajar, sayangnya dengan cara yang keras. Andai saja ia tetap menggunakan protektor dan jaket yang tersimpan di boxnya.(hnr)

Iklan

23 comments on “Kronologis Kecelakaan Akibat Lampu HID

    • @virus, lapan anam bro….
      @zaqlu, thanks informasinya bro. Tapi berapa persen sih pengguna HID yang perduli? Dari pengalaman di jalan, gak pernah nemu pengguna lampu HID yang gak bikin lampu silau. Baik dari belakang, ataupun dari depan. Semuanya sama saja, bikin mata mumet, konsentrasi buyar.

  1. harusnya kalo udah blank..menepi sejenak deuhh..pengalaman : sebelum papasan ama boil pakai HID…lirik belakang..kalo sepi..ambil rada menepi..pas papasan…kalo buta sesaat..segera rem dan menepi..lumayan berhasillah 😀

  2. @bodats
    karena itu bro, HID itu wajib pake projector..
    masalahnya orang2 itu mo gaya tapi mo murah, ya memang sebuah projectornya saja itu bisa seharga helm KBC V series..
    tapi untuk kenyamanan bersama itu penting..

  3. pengendara yg pake lampu biasa pun kadang ada yang lampunya menyilaukan, entah pake lampu jauh atau lampu dekat tapi setelannya gak bener…makanya perlu sesekali memeriksa ketinggian sorot lampu……

  4. just share…..
    gw pernah jatuh dari si bohay karena jalan yg tergenang air selokan padahal saat itu macet, waktu ngerem karena jalan licin akibat tergenang motor jatuh dan tangan kiri gw tiba2 terlindas ban belakang jeep dgn ban ukuran besar. tp alhamdulillah ane ga apa2 karena pakai jaket kulit. andai saja waktu itu ga pakai jaket mungkin tangan ini sudah remuk atau minimal patah kali ya…..

  5. emang sekarang banyak orang ngawur,memasang lampu HID yang berwarna putih dengan setelan tinggi sehingga langsung menyorot ke mata pengemudi di depannya…..lain x kita berhati2 aja…..salam 🙂

  6. mesti bawa senjata bro minimal balok kayu, kalo ada mobil yg lampunya HID kita pecahin aja or bakar, orangnya suruh turun gebukin sampe mati trus post ke youtube biar smua pengendara mobil ga berani lagi sembarangan modifikasi mobilnya. xixixixixi….

  7. nambahin satu lg bro, LED lampu rem sama lampu sein juga ganggu banget tuh! kalo di gang gelap or jalanan tanpa lampu, ada mobil ngerem pake LED, minta di bacok! waktu itu gw di jalanan tanpa lampu jalan mengikuti mobil sedan Mersi baru gitu lampu rem nya LED, gw sampe silau. alhasil pas jalanan dah mau sempit gw tendang aja mobilnya trus gw lari wkwkwk dia ga ngejar karena jalananya sempitt… mantap!

    • @ Harrie, wkwkwkkwkwkwk( ngakak guling2) ente tuh yg tolol, orang kampuang gaptek. Justru lampu LED itu lebih bagus karena umurnya lebih panjang dari lampu biasa dan gak bakal bikin silo,ane aja pas macet dibelakang BMW gapapa tuh dan jgn asal ngejudge Mercy yah karena kualitasnya ga perlu diragukan lagi karena dibuat dgn riset yg panjang dan proses yg sangat teliti n presisi plus klo tabrakan tuh mobil ga sampe ringsek ky boil2 Jepang yg ancur ga karuan. Makanya ente sering2 baca majalah mobil dong biar ngerti, lagian siapa suruh deket2 bukannya klo nyetir itu harus jaga jarak? Yah namanya jg biker tulen mana ngerti ky begituan capek klo ngurusinnya.

  8. Disini hampir semuanya menyalahkan mobil/Drivers tp tdk pernah mau menyalahkan pemotor/Bikers, mari kita tela’ah sambil kaji dan berpikir secara logika bukan dgn EGOIS.
    Orang beli lampu pasti org tsb membutuhkan penerangan yg lebih tp mungkin kasus mobil tsb adalah krn setelannya yg terlalu tinggi dan kebetulan ada kasus kecelakaan yg menimpa teman Bodats, disisi lain saya sering melihat banyak motor dijalan yg EGOIS dan AROGAN tp knp tidak anda tulis ataupun dipermasalahkan dan merasa tindakan Bikers tsb HALAL dan SAH.
    Dalam kehidupan sehari2 sangat banyak motor yg melawan arus, bergerombol dilampu merah sampai melewati garis putih, motor yg nabrak bemper/spion mobil lgs kabur diselap selip kemacetan, tidak bisa tertib, rapi, teratur dan sopan, dll. Klo Drivers mengendarai mobil dijalan berkelakuan spt Bikers, apakah para Bikers dan masyarakat bisa menerima? Cobalah para Bikers sekali2 bawa mobil agar bisa merasakan dan melihat sendiri bgm kelakuan2 Bikers dijalan jgn hanya bisa komen yg aneh tdk perlu. Dr sini sudah keliatan mana yg lebih menonjolkan EGO nya, apakah BIKERS atau DRIVERS? Bahkan Komunitas/Club dr Sabang – Merauke tidak ada yg bisa mengendarai motor dgn tertib, rapi, teratur dan sopan spt mobil. Atau memang para Bikers selalu menyalahkan Drivers krn faktor KECEMBURUAN SOSIAL??
    Saya rasa kita harus bersikap ADIL dan FAIR, berpikir jg dr 2 sisi bukan dr sisi Bikers yg dianggap selalu pasti benar.

  9. Nambahin lagi, kalo kalian mau pengguna HID abal2 berkurang tambahin dong lampu jalanan ya otomatis orang akan mikir ” buat apa gw pake HID lagi klo jalananya udah terang” iya nggak? jadi kalian gak bisa begitu saja menyalahkan si pengendara mobil itu kan dia berhak mendapatkan penerangan yg mumpuni dan ga semua org itu penglihatannya sama, siapa tahu aja dia merasa kurang puas dgn lampu standarnya jadi pengen yg lebih “wah” gitu. Jadi disini yg salah itu Pemda nya, loh kok? iya dong mereka yg lalai kenapa ga menyisihkan anggaran yg miliaran itu buat nambahin lampu jln yg masih kurang? padahal kalo kt lihat masih banyak jalanan di kota ini yg masih remeng bahkan gelap gulita, padahal ini ibukota negara iya toh? silahkan dikaji lagi 🙂

    • salah ya salah, kita harus care, peduli pada setiap masalah, jangan terus semua kesalahan ditimpakan ke pemda sama biker gara2 sebagian ada yg gk benar

  10. Ping-balik: Lampu sorot projie diatas lampu utama silau bikin celaka dapat warning keras dari supir truk | Mengupas soal motor

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s