Sekilas Tentang Frame Slider

“Dat, tuh namanya apaan? Fungsinye buat ape?” demikian tanya seorang kawan saat melihat redbastard terparkir di depan rumahnya. Yang dimaksud kawan penulis adalah elemen/asesoris motor khusus Ninja250R bernama Frame Slider. Keberadaannya memang mengundang keingintahuan. Ada yang bilang buat dengkul lah, ada yang bilang buat gaya, bahkan ada yang bilang buat nyantol jemuran. 😀

Well, tidak jelas siapa yang memulai tren ini. Tapi yang pasti, di jalan-jalan Jabedetabog, banyak pengguna Ninja250 menggunakannya. Walaupun, di luar negeri sana sudah banyak pengguna moge yang memasang perlengkapan ini. Lalu timbul pertanyaan sebenarnya, apa fungsi utama Frame Slider? Berbagai pendapat banyak bertebaran (layaknya ranjau paku) perihal ini. Ada yang Cuma untuk bergaye kaye anak gedongan punya motor baru. Ada juga yang bilang untuk septih. Tak ketinggalan pendapat yang mengatakan bisa multifungsi untuk jemuran (muke gile nih yang ngomong!)

Jadi sebenarnya buat apa dong?! Biasa aja dong kalau tanya, gak usah pake teriak model aktor sinetron Tersandung yang sudah memasuki musim ke-12 itu. 😀 Dilihat dari konstruksi dan desainnya, elemen ini berfungsi sebagai penahan sesuatu. Dan jelas, bukan juga sebagai penahan hawa nafsu, apalagi nafsu birahi. 😀 Setelah bertanya ke mbah Google, penulis menemukan bahwa Frame Slider kerap digunakan untuk mencegah benturan langsung ke bagian body motor. Selain itu, tergantung dengan posisi dan pemasangannya, perlengkapan ini juga bisa berfungsi untuk mendistribusikan benturan, sehingga tidak “melukai” rangka mesin ketika jatuh. Amit-amit kalo sampe jatuh.

Lalu apa hubungannya dengan septih raiding? Menurut penulis, sebenarnya tidak ada hubungan antara keduanya. Entah itu hubungan keluarga, tapi kalau hubungan asmarah, yah siapa juga bisa mengira toh? Intinya sih Frame Slider berfungsi untuk menghindari benturan langsung ke body motor dan juga rangka, agar tidak terjadi kebangkrutan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya terhadap empunya motor jika jatuh.

Apa iya, gak bisa untuk menahan tubuh?! Sekali lagi, kalau bertanya biasa saja, gak usah pake mata melotot begitu. Baru jadi piguran di sinetron Cinta Jupri aje belagu. Kalau argumen bahwa frame slider ini bisa buat menahan body dari menghimpit kaki saat jatuh, yah tidak benar 100%. Coba simak, rasakan dan hayati foto di bawah ini. Jangan mengkhayal yang macem-macem bro. Tuh barang besi, bukan karet. 😛

Jika dilihat sepintas, ataupun semalam suntuk, jelas masih ada elemen lain yang bisa mencegah kaki terhimpit. Misalnya knalpot di bagian belakang (penulis tidak bertanggungjawab jika ada yang memasang knalpotnya di depan). Knalpot jelas mempunyai posisi lebih baik untuk menahan body. Hanya saja, masalahnya knalpot berada di belakang. Frame Slider mempunyai posisi yang lebih baik sehingga mampu menahan serangan dari samping. Ini kok kayak komentator sipakbola ye?

Lalu apa yang harus dilakukan agar kaki tidak remuk saat jatuh ketika mengendarai ninin? Pertama bro, jangan sampai jatuh. Yang kedua, pakailah sepatu yang memadai. Kalo perlu, pake sepatu septih ala pekerja pabrikan. Dijamin kalo kejepit masih kuat menahan himpitan lawan. Beneran jadi komentator bola nih. Yah masa sampean mampu beli motor mahal, tapi pake sepatu pantopel atawa sepatu sport trendy? Toh merogoh kocek 600ribu udah bisa beli sepatu riding memadai merk lokal.  Pake raiding gir yang memadai dong.

Frame Slider pada Ducati Hypermotard

Jiah, kalo gue minjem gmana?! Pan gue udah bilang, jangan teriak kalo nanya! Yah bagi yang suka minjem motor ninin250 milik orang lain atau saudara, yah matikan hobi itu mulai sekarang. Daripada nanti jatuh, dan anda akan terkena krisis moneter paling mematikan seumur hidup anda. Dijamin, gaji ke-13, THR dan tunjangan lemburan  akan habis hanya untuk mengganti body motor yang bukan milik anda. Ini lebih menyakitkan daripada sakit gigi, ataupun sakit hati.

Kesimpulannya? Frame Slider bisa digunakan untuk memercantik tampilan, sekaligus melindungi bagian body/fairing Ninja250R. Mau melindungi kaki? Yah, bolehlah jika kebetulan (mudah-mudahan jangan!!!) terjatuh. Apalagi jatuh di depan gadis abg ber-hotpant pula. Jangan banget.

Yah demikian ulasan ringan dari penulis, semoga berguna dan bermanfaat. 😛

“Oh gitu ye dat? Kalau Astrea gue boleh gak tuh dipasang begituan?” ujar rekan penulis tanpa merasa bersalah sama sekali, sekaligus menghisap rokok kretek yang dibeli ketengan. Apa yang harusnya penulis katakan ke rekan tersebut? (hnRr

*harga Frame Slider rata-rata 800-1 juta*
*tiap slider memiliki bentuk dan desain berbeda, tergantung merk*

Iklan

14 comments on “Sekilas Tentang Frame Slider

    • @kangmase, intinya, pengendalian diri, termasuk belanja asesoris ninin. 😛
      @cicung,xixixixi
      @robotic, huahahaha…. bisa aje bro…
      @archnine, makasih gan….

  1. itu braket kuat gak yah nahan berat motor?? jangan2 nanti klo jatoh dikit aja braket penyok dan ngeganggu ke radiator gak y??
    (nanya oon dikit) 😛

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s