Google Hentikan Layanan Gmail Untuk Blackberry?

“Mulai 22 Nov 2011, Google akan menghentikan aplikasi surat elektronik di perangkat Blackberry.” Begitulah kira-kira berita yang penulis lihat di sebuah televisi swasta nasional. Wah, ada apa ini? Apa benar, bahwa sejak tanggal tersebut pengguna Blackberry tidak bisa lagi menggunakan Gmail di perangkatnya? Dan apa sebabnya Google berlaku semena-mena terhadap Blackberry?

Sebagai salah satu pengguna Gmail dan (terpaksa) menggunakan Blackberry, penulis merasa ini adalah sebuah berita yang mesti disikapi secara serius oleh pengguna Blackberry. Pasalnya, Blackberry menjadi salah satu perangkat favorit dalam mengecek email, yang tentu saja Gmail adalah salah satu penyedia layanan email yang banyak digunakan. Bayangkan, jika akun tersebut sudah biasa menjadi bagian dari korespondensi dengan rekan kerja, kolega bahkan teman dan keluarga. Bagi yang mengikuti mailing list, tentunya harus berpikir dua kali untuk mengganti email.

Setelah melakukan penelusuran secara seksama dan dalam tempo yang lumayan lama :D, penulis mendapatkan kejelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Yang dimaksud dengan Google adalah sebuah aplikasi bernama Gmail Apps, aplikasi khusus untuk Blackberry untuk mengakses Gmail. Aplikasi ini bisa diunduh dengan cara mengarahkan browser Blackberry anda ke alamat www.gmail.com/app. Aplikasi Gmail ini fungsinya lebih menyederhanakan manajemen surat elektronik, ketimbang menggunakan fitur “Messages” pada Blackberry. Nah, aplikasi inilah yang setelah tanggal 22 November nanti bakal tidak tersedia. Namun, Google mengatakan bahwa para pengguna yang terlanjur menggunakannya, tidak akan mengalami masalah. Hanya saja, Google tidak akan mengembangkan aplikasi tersebut. Selain untuk Blackberry, Gmail juga tersedia untk IOS Apple dan juga Android si Kolor Ijo. 😀

Tampilan Aplikasi Gmail di Blackberry

Bagaimana dengan yang tidak menggunakan aplikasi ini? Tidak ada masalah. Gmail masih bisa diakses melalui fitur “Messages” pada Blackberry. Sepertinya, hal ini yang sudah digunakan oleh pengguna Blackberry Indonesia dan juga dunia. Selain itu, untuk alternatifnya, pengguna Blackberry bisa mengunakan Browser untuk membuka Gmail (mending cari warnet aje sekalian).

Lalu apa alasan Google menghentikan pengembangan aplikasi Gmail? Menurut analis dari Bloomberg, Google menyatakan ingin lebih berkonsentrasi pada pengembangan browsernya. Sementara, produsen Blackberry, RIM (Research in Motion) memberikan pernyataan tertulis kepada Bloomberg bahwa aplikasi Gmail tidak lagi diperlukan karena sistem email di Blackberry sudah secara “alami” mampu mengakses Gmail dengan mudah melalui fitur “Messages”. Dan mereka juga mengatakan bahwa kebanyakan pengguna Blackberry sudah menggunakan fitur ini dibandingkan Gmail Apps.

Pernyataan Google perihal Aplikasi Gmail Terhadap Blackberry (klik utk memperbesar)

Terbukti sudah, perang bisnis para raksasa teknologi akan berdampak ke konsumen. Berhentinya dukungan Google terhadap Blackberry dalam kasus Aplikasi Gmail, bisa juga diartikan peringatan dini kepada para pengguna Blackberry. Hal ini bisa diasumsikan bahwa Google, yang tengah mengakuisisi Motorola, bersiap mengembangkan perangkat kerasnya sendiri, melawan dominasi Buah Apel atau si buto ijo. Sepertinya pengguna Blackberry di Indonesia tidak akan terganggu dengan hal ini. Terlebih bagi banyak pengguna Blackberry, fitur BBM (Blackberry Messanger) lebih menarik ketimbang email. Akh masa? (hnr)

*penulis bersyukur tidak perlu ganti hape :D*

9 comments on “Google Hentikan Layanan Gmail Untuk Blackberry?

  1. Download app for Blackberry (wew..)
    send gmail to your phone (cool..)
    enter your phone to download (cant wait any longer!)
    send text message to your phone (uuu yea ^_^)

    tapi konyol..konfirmasi via sms cuma dikasi link m.google.com/mail aja
    emangnya gue ga punya jari buat mencet sendiri?

  2. Ricky
    Payah saya sebagai penguna B.B sangat dirugikan,sekalian saja tutup semua aplikasi!!!!

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s