Demo di Cikarang, Macet di Bekasi

Patas AC 05, yang biasanya lewat tol, terpaksa berdesakan di jalan raya kalimalang.

“Doakan semoga perjuangan kami berhasil bro.” Demikian isi BBM (blackberry messanger) dari seorang kawan, yang juga pekerja pada salah satu pabrik di Cikarang sebelum melakukan demo. Hari ini (27/1) buruh pabrik di Cikarang dan sekitarnya melakukan demo besar-besaran dan massif untuk memprotes dimenangkannya keberatan Apindo (asosiasi pengusaha indonesia) tentang UMP (upah minimum provinsi). Akibatnya, para buruh gagal menerima kenaikan gaji.

Sesuai yang sudah diperkirakan, pemblokiran jalan tol oleh para buruh berakibat luas, terutama lalu lintas. Semua kendaraan yang menuju Bandung/cikampek, diminta berputar balik oleh kepolisian. Sementara sisanya diarahkan keluar melalui gerbang tol bekasi barat, bekasi timur, pd gede timur sampai tambun. Padahal jarak demonstrasi masih kurang lebih 10 kilometer lagi.

Dan karena itu pula kota Bekasi puntak luput. Sepanjang kalimalang menuju Jakarta, kendaraan padat merayap. “Gue motong jalan lewat Bintara. Kalo gak gitu, gak bakal nyampe kantor bro.” Ujar bro Rio, blogger yg juga wartawan. Hampir tak percaya, penulis saksikan sendiri Buas Patas yang biasanya melewati jalan tol, kini berdesakan dengan kendaraan lainnya di ruas kalimalang yang sempit. Menjelang metropolitan mall Bekasi, jalan raya layaknya tempat parkir.

Bus AKAP JurusanTasikmalaya terpaksa keluar di pintu tol Bekasi Barat.

Antrian keluar dari pintu tol Bekasi Barat menuju Pekayon

Di pintu tol barat, sempat terjadi deadlock. Tiga arus kendaraan yang padat bertemu. Dari mulai angkot, bus kota, kendaraan niaga, truk gandeng sampai bus antar kota, antar propinsi jurusan Bandung, harus rela mengantri. “Semoga saja tidak sampai sore. Supaya masyarakat tidak terganggu.” Ucap seorang petugas kepolisian di pintu tol barat. Klakson saling bersahutan, sempitnya ruang gerak sedikit memancing emosi para supir.  “Kita sudah keluar dari Jatibening sejak 1 jam lalu. Baru sampe sini bang!” ujar seorang supir mengeluh.

Sampai postingan ini diturunkan (pkl 15.15 bbwi) lalulintas masih padat dan merayap. Blokade jalan tol masih berlangsung. Kepada para pengguna jalan harap bersabar, kepada rekan-rekan buruh, selamat berjuang, jangan sampai anarkis. (Hnr)

7 comments on “Demo di Cikarang, Macet di Bekasi

  1. @anggi, tol cikarang masih diblokir bro. Semuanya dikeluarin di bekasi barat, bekasi timur sampai tambun. Mudah-mudahan sih cepat dibuka.
    @triyanto, pake AC 😀

  2. asli. . . udah 2 jam lebih kejebak macet. . .
    dari jam 4 sampe jam stngah 7 . .
    m0bil ga jlan2. .
    udah kya k0ta mati. .
    sumpah deh. .
    bisa arisan dulu ini mah. .

  3. weleh…….seminggu yang lalu dari Cikarang ke Jakarta saya lewat Jonggol…..jarak tempuh sama aja, waktunya memang lebih lambat dari pada jalan tol, tapi klo tol di buntu ya sampe kapan nunggu slese demo……….itu alternatif jalan menuju Jakarta…..jalur bekasi sudah pasti KO

  4. demo koq bikin susah yang lain namanya egois itu…….. banyak orang kecil yang dibuat susah gara2 demo di jalan tol………..demo di gedung DPRD bekasi aja sono……… Koplak…….

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s