Berapapun Prosentasenya, Menggunakan Ponsel Saat Berkendara itu Bahaya bung!

Foto: cak Mimit

Foto: cak Mimit

Senin (6/8) lalu, Depkominfo memberikan pernyataan resmi yang berisi himbauan kepada para operator telekomunikasi untuk lebih perduli terhadap keselamatan berkendara. Himbauan tersebut tertuang di Surat Menteri Kominfo No.442/M.KOMINFO/07/2012 tanggal 30 Juli 2012 tentang “Sosialisasi Larangan Penggunaan Perangkat Telekomunikasi Saat Mengemudikan Kendaraan”

Berikut empat langkah yang harus dilakukan operator telekomunikasi seluler:

  1. Pemasangan peringatan “Tidak berponsel saat berkendaraan” pada kemasan kartu perdana dan atau isi ulang layanan selular dan FWA.
  2. Pencantuman peringatan pada iklan luar ruang dan berbagai media massa.
  3. Edukasi kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan program sosialisasi publik.
  4. Khusus menjelang Lebaran 2012, sekitar seminggu sebelumnya dilakukan pengiriman SMS secara broadcast atas nama KEMKOMINFO dengan pesan : Jangan gunakan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Kalau dikutip dari sini memang bisa dibilang dari 2011-2012, angkanya mungkin saja menurun. Lalu jika angkanya menurun, bisa dibilang aman? Harap diingat, angka-angka tersebut mewakili setiap jiwa manusia yang menjadi korban akibat penggunaan ponsel saat berkendara. Mereka itu adalah masyarakat awam, yang notebene pengguna telepon seluler dan sudah jelas merupakan pelanggan operator telekomunikasi. Sekali lagi, mereka konsumen loh, yang menghidupi gaji karyawan operator telekomunikasi seluler. Jadi tidak bisa sembunyi dibalik argumentasi bahwa karena prosentasenya kecil, maka tidak perlu ada effort luar biasa. Contoh, penggunaan ponsel di pesawat. Sampai sekarang masih debatable apakah benar mengganggu atau tidak. Tapi silahkan coba menggunakan ponsel di pesawat maskapai penerbangan lokal/internasional. Pilihannya matikan ponsel, atau dikeluarkan dari pesawat. Ini pernah dialami oleh seorang kawan yang asyik mengirim email via ponsel saat pesawat sudah mulai berada di landasan. Sang pramugari mengancam matikan, atau hape akan disita. Mau lebih riil lagi? Silahkan tanya ke rekan-rekan yang bekerja di bagian pertambangan, ketahuan bawa ponsel ke lokasi, siap-siap dapat peringatan keras.

Mau tahu bahayanya naik motor/mobil sambil menggunakan hape? Pernah mengalami nyaris menabrak atau ditabrak kendaraan lain hanya karena pengendara di depan/samping kita asyik berponsel ria? Haruskan mengalami penderitaan gusrak di jalan, lalu akan paham perlunya edukasi stop berponsel saat berkendara? Saya rasa tidak perlu. Memang mayoritas penyebab kecelakaan bisa dari ketidakdisiplinan atau dari infrastruktur jalan. Tetapi toh tidak ada salahnya juga “menyerang” dari sisi yang lebih kecil.  Kenapa? Agar kita lebih aware dengan bahaya.  Silahkan lihat iklan dari THINK! dibawah ini.

Jadi, untuk operator telepon seluler, tidak usahlah defensif. Toh dengan berkampanye mendukung himbauan Menkominfo, anda juga berperan untuk menekan jumlah korban akibat penggunaan telepon seluler saat berkendara. Dan jika itu terjadi, artinya menyelamatkan konsumen, serta otomatis mengamankan pemasukan toh? Sedihnya, ada blogger yang mengkaitkan kampanye keselamatan berkendara dengan Return of Investment. CSR-nya mana kalau semuanya dihitung pake ROI? Miris!(hnr)

Iklan

10 comments on “Berapapun Prosentasenya, Menggunakan Ponsel Saat Berkendara itu Bahaya bung!

  1. ya gua sih berdoa aja, moga-moga keluarga gue gak ada di salah satu korban akibat hape. makanya gue dukunglah apapun bentuk kampanye keselamatan berkendara..

  2. pencegahan lebih baik dari pengobatan… mari kita dukung ponsel otomatis off apabila lagi driving atau riding… tapi apa bisa ya??

  3. Post gw yang terakhir cuman sebagai penjelasan, semoga kali ini sudah bisa jelas. Problemnya di gw lebih ke 0.06% dan 99.94% nya. Ada apa dan kenapa yang penyebab 99.94% terlupakan?

    Yang bro bilang betul dan saya setuju, tentunya 0.06% penting karena menyangkut nyawa manusia, tapi effort untuk 99.94% nya mana? Apakah sudah proporsional?

    Bagus juga kalau dimasukkan think dari UK. Mereka punya survey post campaign sampai detail, tujuannya untuk memberikan arahan campaign selanjutnya. Ini yang mungkin tidak dilakukan di Indo.

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s