Jalan Rusak? Nih Masalahnye

Kalimalang Rusak1

Kerusakan di jalan Inspeksi Kalimalang, di depan Kampus Gunadarma. (Foto diambil pada tgl 18 Maret 2013.

Diskusi ini terjadi di sebuah warung kopi, pinggiran kota Bekasi. Menunya seperti biasa, roti bakar, kopsus, burjo, mie rebus dan tentu saja beberapa potong gorengan. Monggo dinikmati.

Bocah: “Pak di Jalan samping Kalimalang banyak jalan yang rusak tuh.”

PNS Pemda: “Kalimalang ada wilayahnye. Ada Bekasi, ada Jakarte. Kalo Jakarte, bukan urusan kita dong. Pan kita Bekasi(h).

Bocah: “Yang gue maksud, yah bagian Bekasih pak. Tuh lihat, dari lamer Super Indo sampe ke arah Metmall banyak bet yang bolong.”

PNS Pemda: “Oh, kalo nyang itu jawabannya mah agak ribet. Ntar gue jelasin, lu pusing lagi.”

Bocah:”Maksudnya pegimane pak?”

PNS Pemda: Begini, itu pan jalan provinsi. Jadi, bukan tanggungjawab Pemkot Bekasi. Loh tanya dah sama si orang PU noh.”

Bocah: “Bener pak?” *nengok ke orang PU*

PU: “Lah bener entuh. Lah pan kita cuma Pemkot doang maennye. Jadi begini, itu nyang namanya jalan ada tipenye. Ada yang jalan propinsih, kota sama kabupaten. Jalan desa juga ada tuh. Artinye, itu jalan masing-masing ada wewenangnye. Maksudnye, kalo mau ngeberesin, atau ngelebarin, yah lihat dulu siapa nyang megang ntuh jalan. Kalo nyang megang itu jalan propinsih, yah orang Pemda Jabar yang punya tugas.”

Bocah: “Lah buset, jauh aje dari Bandung dimarih benerin jalan doang pak.”

PU: “Eh bujug, bukan begitoh maksudnye dul. Maksudnye, kalo ada jalan propinsih yang liwat Bekasi dan rusak ye, yah dananye bukan dari Pemkot Bekasih. Yang eksekusi bisa dan PU Bekasi. Tapi duitnya dan wewenangnye, dari sonoh, Bandung dah urusannye. Kita gak bisa aje maen tambel.”

Bocah: “Ya elah, ribet banget pak. Lah itu saban hari motor pada liwat, ntar kalo ada yang gusrak pegimane pak?”

PU: “Lah bukan urusan kite ntuh mah.”

Bocah: “Ngaco si bapak. kalo kate UU 22 taun 2009, PU bisa dituntut pak kalo ada kecelakaan yang dikarenakan infrastruktur jalan.”

PU: “ah ngarang lu.” *mukenye  rada kusut*

Bocah: “beuhhh, gak danta elu mah pak. Nih liat dah aturannye.” *nyodorin ipad ukuran 21 inch*

Kalimalang Rusak 2

Kerusakan jalan di depan Jalan masuk Komp. Bumi Satria Kencana, Kalimalang, Bekasi. (foto diambil 18/3/2012)

Saat staf PU membaca dengan seksama UU tersebut, seorang Polisi datang.

Bocah: “Pak itu kalo ada pengendara yang kecelakaan karena jalan rusak pegimane?”

Polisi: “Wah mas, kalo urusan perawatan jalan raya, itu bukan urusan kita. Tapi rekan-rekan dari pemerintah setempat. Namun kalo ada yang celaka gara-gara infrastruktur jalan, yah kita sayangkan juga sih.” *sambil sibuk bbm-an sama rekan yang lagi di bengkel ngurusin kendaraan operasional*

Bocah: “Tapi kan pasti berkaitan dengan polisi tuh pak” *ngotot kayak kungfu boy*

Polisi: “Yah paling kita cuma mendata saja jika terjadi kecelakaan. Misalnya korbannya siapa, menggunakan apa, karena apa dan lain sebagainya. Nanti statistiknya bisa kita laporkan sama atasan.”

Bocah: “Itu berapa persen yang kecelakaan gara-gara infrastruktur jalan pak?”

Polisi: “Wah kalo itu mah tanya langsung aja ke Dirlantas tiap daerah. Gak hapal saya. Kayaknya sih lumayan juga.” *pasang masker, siap-siap turun ke jalan*

Bocah: “Gimana pak? Betul kan bisa dituntut?” *nengok lagi ke orang PU*

PU: “Ribet bener ini laptop model baru.” *sambil ribet mainin jari jemari* “Tapi emang bener sih bisa dituntut. Cuma, yah kita kan ngikutin apa kata atasan aja.”

Bocah: “Nah, apa gak takut PU dituntut kalo ada yang gusrak gara-gara lubang jalan?”

PU: “Ya ampyun, lu mah nyumpahin orang aje dul. Yah jangan sampe dah ada yang cilaka.Kasihan. *menghisap rokok sejenak* Lahh, kita pan nunggu arahan dari atasan. Kalo ada dana, ada perintah, yah kita benerin dah. Tapi kalo gak ada, masak mau duit sendiri? Gue aje masih honorer nih. Mukegile lu dul.”

Bocah: *bengong*

PNS Pemda: “nyeruput kupi*

PU: *mumet baca UU 22/2009

Polisi: *ngomel ke supir angkot yang ngetem sembarangan*

Semua ini terjadi di warkop Imajiner. :mrgreen:

10 comments on “Jalan Rusak? Nih Masalahnye

  1. hmm lagi benerin jalan gang sambil malakin tetangga bareng Pak RT buat beli semen ma pasir..sisanya buat gorengan…hahahaha lumayan banyakan buat beli gorengannya…..

  2. imajiner yang nyata senyata nyatanya….nah para pejabat ntu yang imajiner, alias setan, alias mahluk gaib yg bisanya nyolong duit alias tuyul berjas & bersafari

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s