Motor Sport Yamaha 250cc? Mungkin Saja

“Dats, Yamaha bakal keluarin kelas 250 gak?” Demikian sms seorang kawan kepada penulis. Sebenarnya sih ini sudah bisa ditebak. Ok Singkat kata, untuk 1-2 tahun ke depan, penulis agak ragu pabrikan yang mengeruk untung trilyunan rupiah ini bakal mengeluarkan jagoan di segmen sport 250cc. Alasannya sederhana, mereka belum butuh “jagoan” baru.

Yamaha R250? Gambar: Istimewa

Yamaha R250? Gambar: Istimewa

Apa tuh “jagoan”? Yang dimaksud penulis adalah jawara penjualan di kelas sport tentunya. Monggo dicek blog om Edo sakti mandraguna cetar membahana semesta raya 3 tahun terakhir. Jika ingatan penulis tidak salah, Vixion adalah jawara di segmen sport. Khususnya kelas 150cc. Dan beberapa menit lalu, Eyang Edo menelurkan artikel yang makin membuat penulis yakin bahwa YIMM bakal pikir panjang sebelum mengeluarkan jagoan baru di kelas 250cc. Tapi toh kemungkinan tetap saja ada.

Penjualan Sport 250cc

 

2012

2013

%

CBR 250

1,300

1,117

-14.07

Ninja 250

2,334

3,652

56.46

Kawasaki ER250

0

360

100

KLX 250

166

103

-37.95

Inazuma

0

248

100

Skywave

0

8

100

 

3,800

5,488

44.42

sumber: AISI, diolah.

Saat ini, dominasi Vixion Lighting di kelas segmen sport masih belum tergoyahkan. Varian yang meneruskan kesuksesan pendahulunya (Vixion) tersebut makin berjaya dan konsisten sejak diluncurkan 2007 lalu. Dan bisa dibilang, inilah primadoan YIMM sebenarnya di segmen sport. Walaupun Byson dan Scorpio adalah produk yang juga lumayan penjualannya. Lalu kenapa YIMM cuek? Sebenarnya tidak cuek. Dijamin pasti sedang ribet menimang baik buruknya menelurkan satu lagi motor sport andalan mereka. Pertanyaannya, haruskah sekarang? Mungkin belum saatnya. Jika kita lihat, lagi-lagi ke blognya eyang subur, eh maksudnya eyang Edo, dijamin bakal terlihat satu alasan yang cukup jelas. Kawasaki masih terlalu sakti untuk digoyang. Betul, eyang Edo menganalisa berdasarkan data bahwa pasar segmen 250 menanjak drastis. Tapi jangan lupa, itu terjadi karena bertambahnya pemain baru: Honda dengan CBR 250-nya dan Suzuki menelurkan Inazuma-nya. Tetapi toh terbukti, sepanjang 2012, CBR 250 keok di penjualan. Motor besutan AHM tersebut menurun penjualannya sebensar 14.7 % dibandingkan tahun 2011. Kontras, Kawasaki melesat dengan kenaikan angka penjualan 56.46 %. Inazuma? Ah sudahlah.

Jika AHM yang sudah begitu percaya diri saja bisa lebam dan jatuh bangun melawan Ninja250, bagaimana dengan YIMM? Pastinya akan memersiapkan dengan matang. Lalu kapan pecinta motor sport  Yamaha bakal bisa meminang varian 250? Mungkin tahun 2014 atau 2015. Apakah Scorpio akan didaulat menggunakan mesin 250 alias naik kelas? Kecil kemungkinan sih. Atau Yamaha justru tidak peduli dengan euforia 250cc, dan mulai memberikan gimmick di segmen 150. Semuanya mungkin saja. Jika tidak percaya, silahkan bertanya kepada Komeng yang bergoyang. :D(hnr)

7 comments on “Motor Sport Yamaha 250cc? Mungkin Saja

  1. Yamaha pasti bisa lahhh….
    jangan kayak honda, jualan gak niat. Giliran gak laku, konsumen manyun…
    mampus aja tuh honda!!!!

  2. kesannya kok honpret, yamamah, dkk kyk dealer yg susah modal, cbr 250 keok udah dianggep akhir segalanya dr analisis blogger.. padahal untung mereka yg segudang duit itu ga ngefek penjualan turun sgitu, krn honpret kan dah untung dr bebek muda nya, kelas kakak hanya buat have fun, buat manas2in kaoskaki yg jualan utamanya dsittu.. kalah jualan mmg bukan tujuan.. tp mempermalukan di balapan dsitu pride nya.

    • @danang, kalo untung sih pasti besar bosss. Kalo balapan mah receh. Cuma yang dimaksud bang bodats, kalo mau maen di 250 kudu mikir lebih dah. Daripada jualan, tapi gak moncer. Repot juga atuh. Buat apa menang balapan, tapi jualannya gak moncer? Sami mawon lah.

  3. harga —-yang ini dilema—kalo harga dengan brand yamaha mau main berani di bawah 35juta, pasti over value dan pastinya banyak vixion mencoba untuk naik kelas…Ngimpi…hahaha

  4. klo menurut gw YIMM dalam setaon ke depan pasti bakalan ngeluarin jagoan di kelas sport 250 cc,,,yg pastinya bukan berorientasi ke keuntungan hanya sebagai penguat image sport yamaha aja di segmen ini,,,karna honda sepertinya setengah hati menggarap segmen ini,,,karena ga mungkin lah mengharapkan penjualan moncer di kelas ini dengan kapasitas daya beli masyarakat indo yg tentunya berada di kisaran 20 jutaan untuk motor sport,,,

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s