“Woii, jadi gak R25 dilaunching?” begitulah panggilan telpon yang diterima penulis saat tiba di Main Dealer Yamaha Indonesia untuk wilayah Jabotabek alias DDS 1 Cempaka Putih, Jakarta. Penulis langsung menjawab, “gak ada dimarih!”. Dan suara di ujung sana langsung lesu. Yah, dipersorilah, yang menelpon adalah salah satu konsumen setia Yamaha yang sudah lama menunggu kapan pabrikan Garpu Tala di Indonesia menjual motor sport 2 silinder. Dan jawaban penulis jelas membuatnya antiklimaks saat menutup sambungan telepon.
Beberapa hari terakhir, jagad maya otomotif memang diramaikan dengan peluncuran Yamaha R25 di Tokyo Motor Show, Jepang. Perhelatan akbar otomotif yang berlangsung 22 November hingga 1 Desember tersebut memang punya arti tersendiri bagi publik otomotif roda dua Indonesia. Pasalnya, entah siapa yang memulai, tiba-tiba saja gambar Yamaha R25 beredar. Dan wajar jika muncul harapan, R25 akan menjajal aspal Indonesia. Toh semua paham, sudah lama konsumen Yamaha menunggu munculnya sport dua silinder tersebut.
Tapi malang seribu malang. 😀 Jumat (22/11) siang tadi justru R25 tidak tampak “batang hidungnya”. Yang justru ada malah R1 dan sang adik R6 yang diproduksi pertamakali tahun 1998. Saat ini pun, R1 dan R6 bisa dibeli melalui Importir Umum. Namun kini, Yamaha Indonesia secara resmi membuka penjualan dua moge kelas atas itu. Secara spefisikasi, Dyonisius Beti, Wakil Presiden Direktur Eksekutif YIMM Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan R1 & R6 yang diimpor adalah spesifikasi Eropa. “Kalo untuk pasar Jepang, kapasitas mesinnya dibatasi, sementara untuk Eropa tidak dibatasi. Inilah yang kita impor utuh ke Indonesia.” ujar Dyon.
Selain R1 dan R6, Yamaha Indonesia juga resmi meluncurkan VMAX dan TMAX. Nah, kedua motor inilah yang belum ada di Indonesia sebelumnya. V-Max, jika dilihat sepertinya hendak menjadi pesaing Honda Valkyrie (1500cc). Baik VMAX dan Valkyrie sepertinya (dan ini bisa saja diperdebatkan) berada pada segmen yang sama, Big Engine Cruiser. Namun VMAX mempunyai keunggulan kapasitas mesin yaitu 1.679 cc. Tetapi jika dilihat dari bentuk, desain dan ergonomi berkendara, VMAX punya karakter lebih “liar”. Dan harap diingat, VMAX bukan untuk sembarang orang. Maklum dengan panjang 2,3 meter dan berat 310 kilogram, sungguh kudu wajib harus bagi calon empunya untuk memahami prinsip ergonomi berkendara dan tehnik riding yang mumpuni. Mesin 4 Silinder, V Configuration pasti “merdu” nadanya.
Last but not least. Skutik 2 silinder, Yamaha TMAX. “Ini skutik dengan kapasitas mesin besar, yang pertama di Indonesia.” demikian klaim Indra Dwi Sunda, Digital Media, Brand Activation & Sales Campaign Manager YIMM, yang baru saja pulang dari 2013 Tokyo Motor Show. Walaupun dengan muka agak lelah dan suara agak parau, Indra tetap bersemangat menjelaskan detail mengenai TMAX ini. “Kapasitas mesinnya 530cc, 2 silinder. Dijamin enak dipakai jalan jauh, tetapi juga gak jadi momok untuk dipakai di dalam kota saat akhir pekan. Masih bisa diparkir di mall yang khusus menyediakan parkir moge. Stabil dan enak dikemudikan. Ban lebarnya (160/60 R) bikin stabil saat berkendara.” ujar Indra yang hobi touring sejak mahasiswa tersebut. Toh, dengan panjang 2,2 meter dan berat 217 kg, Yamaha TMAX tetap enak dipandang. Oh ya, untuk TMAX tersedia 2 varian: ABS dan non-ABS.
Well, Moge semua ternyata. Tentu saja harga bukan recehan. Siap-siap merogoh kocek lumayan lebar. Untuk R1 yang tersedia dalam 3 warna (Race Blue, Matt Grey & Competition White) bisa dipinang 335-350 juta. Sementara R6 dengan tiga variasi warna yang sama bisa dipinang dengan harga 235-220 juta. Perbedaan harga ditentukan apabila konsumen ingin membeli full package Riding Gears. “Jika konsumen mau menambah sekitar 15 juta, maka langsung kami berikan Helm kelas pro seperti Arai atau Shoei. Tak lupa jaketnya merk RS Taichi atau Dainese. Gloves dan Boots juga merek ternama. Motornya bagus, maka kelengkapan berkendaranya juga wajib mumpuni.” tambah Indra Dwi Sunda. Sementara untuk VMAX, motor bongsor ini dihargai, ok siap-siap, tahan napas, 500 juta! 😀 Mahal? Pastinya. Tapi bagi penggemar moge, sepertinya harga tersebut tidak terlalu bermasalah. Sementara TMAX, mungkin ini skutik yang sejauh ini penulis dengar cukup mahal, yaitu 185 juta. Namun melihat tampangnya, desain dan fitur, bisa dimaklumi angka tersebut. Skutik 150 cc saja sudah ngacir, apalagi 530 cc, 2 silinder, DOHC, dijamin akselerasi langsung terasa.
Okay, karena temanya Moge, jelas saja angka yang tertera bikin “Sakit hati” :D. Lalu pertanyaan berikutnya, kapan R25 meluncur ke Indonesia? Mari kita tanyakan pada Komeng Yang Bergoyang. 😀 (hnr)
Ini harusnya ADV cuk, bilang Indra gih 😀 *kang Narasum monitorrrr
tunggu aja gan peluncuranya, mungkin tangggal 21 pukul 23.00
cara pesan yamaha r25 bisa dilakukan di websitenya