Moto Review: 7Gear Rain Bag

7gear Rain Bag

7gear Rain Bag

Dry Bag, jika diartikan secara harfiah, adalah tas kering. Namun sebenarnya, istilah ini dipergunakan untuk tas khusus yang menjaga isinya tetap kering walaupun terkena cuaca hujan atau air. Drybag sendiri sudah lama digunakan oleh kalangan penggiat olahraga alam bebas seperti kayaking, canoeing atau rafting. Seiring dengan berkembangnya tren travelling yang tidak kenal medium, maka penggunaan Dry Bag pun mulai digemari.

Nah, 7Gear (baca: seven gear) sebagai salah satu produsen perlengkapan berkendara untuk para penikmat touring, juga tidak mau ketinggalan. 7Gear menghadirkan 7Gear Rain Bag. Bentuknya pun tidak jauh berbeda dengan kebanyakan Dry Bag yang sudah ada. Namun demikian, 7Gear Rain Bag mempunyai ciri khas tersendiri yaitu adanya lapisan transparan yang bisa memudahkan kita melihat isinya.

Penulis berkesempatan untuk mencoba dua produk 7Gear Rain Bag, kapasitas 10 dan 25 liter.  Dari kapasitasnya jelas kegunaannya banyak. Contohnya, yang kapasitas 15 liter penulis sempat gunakan saat terkena hujan di tengah perjalanan dalam kota Jakarta. Akhirnya, karena bagasi di motor sudah tidak muat, jadilah buku, kamera saku, dompet, ponsel serta beberapa kaos oblong masuk di 7Gear Rain Bag ukuran 15 liter.

7Gear Raing Bag 15 liter

7Gear Raing Bag 10 liter. (klik untuk memerbesar)

Penggunaan 7Gear Rain Bag Bag cukup mudah. Karena terbuat dari plastik alias PVC, maka cukup fleksibel. Saat tidak digunakan, penulis menaruhnya di bagasi motor. Nah saat ingin digunakan, tinggal dibuka lipatannya. 7Gear Rain Bag mempunyai sistem penguncian Velcro, mudah dibuka/tutup. Penulis langsung memasukkan barang-barang yang ingin dilindungi dari air hujan. Lalu “mulut” tersebut dilipat 2 kali sehingga membentuk semacam gulungan, dan tinggal dikunci dengan pengaman yang disediakan. Untuk memudahkan membawanya, 7Gear Rain Bag juga menyediakan tali atau strap untuk penggunanya. Strap inilah yang penulis gunakan saat berkendara, sehingga fokus berkendara tetap terjaga, dan barang bawaan tetap kering.

klik untuk memerbesar

klik untuk memerbesar

Bentuk Rain Bag siap digunakan. (Klik untuk memerbesar)

Bentuk Rain Bag siap digunakan. (Klik untuk memerbesar)

Sepanjang perjalanan Bintaro – Bekasi, penulis beberapa kali memeriksa kondisi 7Gear Rain Bag. Ternyata ok alias tidak ada air yang merembes masuk. Saat tiba di rumah, 7Gear Rain Bag dibuka, dan dicek semua isinya, tidak ada yang basah. Namun yang penulis perhatikan, begitu dibuka, dan tangan basah masuk, maka langsung terbentuk embun di bagian dalam dry bag tersebut. Artinya, saat menyimpang barang di 7Gear Rain Bag, pastikan tidak ada barang yang lembab atau basah, karena akan membentuk embun.

7Gear Rain Bag, 15 liter.

7Gear Rain Bag, 15 liter.

Ke Luar Kota Dengan 7Gear Rain Bag
Nah, puas dengan kemampuan 7Gear Rain Bag 10 liter, penulis kembali mencoba 7Gear Rain Bag saat ke Cirebon akhir Januari lalu. Kali ini penulis menguji 7Gear Rain Bag kapasitas 25 liter. Karena tidak menggunakan Rear Box, dan berniat mengikat di jok belakang dengan jaring, agak sedikit ragu. Pasalnya, ada lapisan transparan, kan tidak lucu kalo “perabotan pribadi” terlihat publik di jalan raya. 😀 Tetapi seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, hal ini berguna jika kita ingin mengeluarkan beberapa barang tanpa perlu mengeluarkan semuanya. Dan karena bagian transparannya hanya berada di satu sisi, maka bisa diakali dengan “menyembunyikan” bagian tersebut di bagian bawah saat membawanya di atas jok motor.

7Gear Rain Bag 25 Liter

7Gear Rain Bag 25 Liter (klik untuk memerbesar)

Lalu apa saja yang muat di 7Gear Rain Bag 25 liter? Jujur, penulis sendiri cukup kaget dengan kemampuannya. Tercatat bisa menampung muatan sebagai berikut:

  • 7 t-shirt
  • 6 “perlengkapan pribadi”
  • 1 charger ponsel
  • 2 charger kamera
  • 1 charger gadget
  • 1 tas P3K
  • Perlengkapan mandi
  • 1 sarung tangan cadangan
  • 1 kaos kaki cadangan

Wah, jujur, agak terkesima juga dengan kemampuan isinya. Dan itupun masih menyisakan ruang untuk beberapa barang lagi.  Nah, 7Gear Rain Bag ini teruji justru saat pulang ke Bekasi dari Cirebon karena penulis mengalami hujan sepanjang perjalanan. Karena penulis menggunakan skutik, 7Gear Rain Bag ditaruh di bagian tengah. Dan sebagai pengaman, strap penulis kaitkan di bagian dalam jok, supaya 7Gear Rain Bag tidak terjatuh. Dan terbukti, dari mulai hujan gerimis, deras hingga cipratan air dari lubang di sepanjang jalur Pantura tidak membuat penulis khawatir. 7Gear Rain Bag terbukti mampu menjaga barang di dalamnya tetap kering. Tiba di Bekasi, semua isi 7Gear Rain Bag kering. 😉

7Gear Rain Bag 25 liter.

7Gear Rain Bag 25 liter.

Rain Bag 25 Liter.

Bisa ditaruh di tengah skutik, tanpa menganggu ergonomi berkendara.

Dengan kapasitas yang variatif, dari 10 hingga 25 liter, 7Gear Rain Bag bisa menjadi andalan bagi mereka yang suka melanglang buana, entah itu pengendara motor yang hobi touring ataupun aktivitas kelana lainnya. Bagi penulis, 7Gear Rain Bag menjadi salah satu pilihan sebagai perlengkapan berkendara ataupun perjalanan ke luar kota. (hnr)

— 7Gear Info—

Produk: 7Gear Rain Bag

Kapasitas: 10, 15, 20, 25 liter

Material: Terpalulin Pvc 400

Harga: cek 7Gear.com

Iklan

9 comments on “Moto Review: 7Gear Rain Bag

  1. saya pakai produk Drybag sidebag 7 gear untuk sidebag… sejauh ini saya pake hujan2an selama 3 jam (madiun – Sby) kondisi barang di dalam tetap kering… memang ajib barang local ini, apalagi buat traveler yang suka hujan-hujanan… hehehehe

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s