Informasi Safety Riding

Sebagai pengguna kendaraan roda dua untuk mobilitas sehari-hari maupun wisata, saya mulai merasa perlu memahami lebih lanjut tentang apa itu safety riding (SR) atau (mungkin) keselamatan berkendara. Khususnya tentang roda dua. Nah, ketika bergabung pertamakali dengan KHCC (Karisma Honda Cyber Community), sudah banyak diskusi soal SR tersebut. Namun saat itu, saya belum bisa menemukan sumber/referensi yang valid tentang tehnik berkendara motor yang aman namun juga nyaman tanpa harus kaku. Akhirnya setelah tanya sana-sini, dan mengeksplorasi Internet, saya menemukan beberapa situs Internet yang sangat informatif perihal keselamatan berkendara. Dari situs-situs itu pula, ditambah diskusi-diskusi dengan penggiat kendaraan roda dua, saya bisa menarik kesimpulan betapa pentingnya penyediaan informasi tentang Safety Riding.

Jadi saya tampilkan situs-situs di bawah ini, agar rekan, teman maupun sesama pengendara bisa menambah pengetahuan dan informasi perihal berkendara secara aman dan nyaman. Tentunya tanpa ada maksud sedikitpun untuk menggurui atau menceramahi. Semoga situs-situs di bawah ini bisa membantu kita memahami lebih dalam dan terus menelaah tehnik kita dalam berkendara. Tentu saja daftar di bawah bisa bertambah setiap saat. Semoga bermanfaat.

Motorcycle Safety Foundation.

Courtesy of MSF

Lembaga Nirlaba asal Amerika Serikat ini berada pada urutan pertama dari hasil pencarian di Internet melalui mesin pencari Google, dengan kata kunci “Motorcycle Safety”. MSF menyediakan dokumen tentang keselamatan berkendara, khususnya sepeda motor. Topik yang dibahas sangat variatif. Mulai dari panduan mengendarai motor bagi pemula, (group riding) hingga bagaimana membaca situasi di sekitar dengan tehnik SEE (See, Evaluate, Execute). Karena memang khusus berkonsentrasi pada pengendara motor, maka bahasannya pun beragam. Dari Motor sport, skuter hingga motor trail. Tak hanya dokumen yang dilengkapi ilustrasi menarik yang bisa di unduh secara gratis, beberapa video tentang Motorcycle Safety pun siap diunduh.

THINK! ROAD SAFETY

courtesy of THINK!

THINK! dibentuk karena pemerintah Inggris (menurut website THINK!), sudah merasa prihatin dengan kecelakaan jalan raya yang melibatkan korban dari semua pihak. Entah itu pejalan kaki, pengemudi motor hingga pengendara mobil. Maka dengan itu, agar pesan tentang Road Safety (keselamatan di Jalan Raya) lebih tersampaikan karena terkoordinasi lewat satu badan. Dalam situsnya, THINK! mengkategorikan kampanye keselamatan jalan raya dalam berbagai segmen usia. Mulai dari anak kecil, remaja, orang tua hingga khusus para pengendara kendaraan. Informasi yang diberikan sangat baik dan tertata. Anda bisa mulai memilih, apakah anda seorang pengendara motor, mobil, pejalan kaki bahkan pengendara sepeda. THINK! bahkan membuat halaman khusus perihal tingkah laku saat mengemudikan mobil seperti menggunakan seat belt (sabuk pengaman) dan bahayanya menerima/melakukan panggilan telepon. Tak lupa disertakan juga halaman khusus bagi orang tua dan remaja perihal pentingnya pemahaman keselamatan di jalan raya. Benar-benar sebuah situs yang kaya akan informasi. Sangat layak untuk diserap pengetahuannya.

SHARP (Safety Helmet Assessment and Rating Programme)

courtesy of SHARP

Lembaga ini sebenarnya bagian dari THINK! di atas. Tetapi perlu dipisahkan karena perannya yang memfokuskan kepada sertifikasi dan peringkat sebuah helm. SHARP bahkan sudah memersilahkan pengunjung websitenya untuk melihat langsung video pengujian helm. Tidak hanya itu. Sebagai pengunjung, anda juga bisa mencari tahu helm apa saja yang sudah diuji apa saja dan bagaimana hasilnya. Semua bisa dicari berdasarkan kategori merk, harga, jenis/tipe helm. SHARP juga memberlakukan tipe rating terhadap helm yang telah diuji. Hal ini sangat berguna bagi para pembeli helm untuk memilih helm sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial

Road and Traffic Authority (RTA), New Southwales, Australia.

courtesy of RTA

RTA adalah sebuah lembaga bentukan pemerintahan New South Wales (NSW), Australia. RTA tidak hanya menyoroti perihal safety riding roda dua, tapi secara keseluruhan siapapun yang berada/menggunakan jalan raya, masuk ke dalam aspek road safety. Dalam sebuah halaman khusus bertajuk Center for Road Safety, terdapat begitu banyak aspek pembahasan. Mulai dari pengendara kendaraan, pengguna sepeda, pekerjaan yang berada di jalan raya hingga statistik terakhir perihal kecelakaan di jalan raya. Tak lupa mereka memberikan halaman khusus tentang kelelahan dalam berkendara. RTA juga menyertakan tips dan dokumen berjudul “Motorcyle Rider’s Handbook”. Yang menarik adalah, karena alur lalu lintas di Australia sama dengan di Indonesia (kemudi mobil di kanan) maka praktis semua tips dan trik berkendara dapat dipraktekkan.

SNELL Memorial Foundation

images

SNELL Memorial Foundation adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang sertifikasi helm bagi kendaraan otomotif. Website ini berisi banyak hal teknis tentang helm dan pengujiannya.  Tak lupa dokumen-dokumen hasil pengujian beserta helm yang telah diuji juga bisa diakses oleh publik. SNELL terkenal karena standar pengujiannya yang tinggi. Standar mereka bahkan melebihi ANSI (American National Standards Institute). Itu sebabnya helm yang digunakan pada laga olahraga otomotif selalu memakai standar SNELL. Didirikan sejak 1957, lembaga  ini mendapat tempat tersendiri karena konsistensinya dalam hal safety di sertifikasi helm. Namun sayangnya, hal ini tidak diiringi dengan web management yang baik. Desain situs internetnya ketinggalan zaman, miskin grafis dan terkesan kaku. Juga tidak tersedia tampilan multimedia tentang pengujian helm di SNELL. Sungguh tidak mewakili prestise dan misi yang diembannya. Terlepas dari itu, banyak informasi yang bisa didapat dari situs ini.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sayangnya saya belum menemukan satu pun situs internet milik pemerintah yang membicarakan khusus tentang road safety. Depatemen Perhubungan di situsnya, memang memberitakan beberapa artikel tentang kampanye keselamatan berkendara, tapi tidak ada satu halaman khusus.  Tapi jangan khawatir, ada beberapa lembaga bikinan masyarakat Indonesia yang peduli dengan subyek ini. Mereka membuat LSM, assosiasi bahkan ada usaha khusus di bidang safety riding training. Nih dia beberapa diantaranya:

JDDC (Jakarta Defensive Driving Consultant)

courtesy of JDDC

Dengan tagline “Ride Like a Master”, lembaga yang didirikan oleh para instruktur bersertifikasi internasional ini mempunyai kepedulian terhadap keselamatan berkendara. Selain memberikan pelatihan safety riding untuk segala jenis kendaraan. Selain memberikan training, baik itu korporasi maupun komunitas/klub, JDDC juga menyediakan artikel, tips dan informasi lainnya perihal Defensive Riding.

Road Safety Association (RSA)

courtesy of RSA

Awalnya adalah FSRJ atau Forum Safety Riding Jakarta yang terdiri dari klub/komunitas kendaraan bermotor di Jakarta. Kini berkembang menjadi RSA (Road Safety Association). Tidak hanya roda dua, tetapi juga roda empat bahkan bersepeda secara aman pun mulai menjadi topik pembicaraan. Komunitas ini berkomunikasi melalui milis, web dan juga kopdarling (kopi darat keliling) ke klub/komunitas tertentu untuk mendiskusikan road safety. Anggotanya tidak lagi pengendara motor tetapi juga pengendara mobil. Artikel dan tips yang berguna dapat ditemui di situs internet RSA.

Jalan Raya

jlnrayaBerbeda dengan lembaga lainnya, Jalan Raya Dot Net (JR) adalah sebuah lembaga nirlaba pemerhati keselamatan di Jalan Raya yang didirikan oleh individu-individu penggiat roda dua maupun roda empat. JR memilih “sudut” berbeda dalam mengkampanyekan Keselamatan di Jalan Raya. Dari artikel maupun tips yang dimuat di web sitenya, JR menekankan betapa perilaku di jalan raya juga memainkan peranan penting dalam penyebab/pencegah  kecelakaan lalulintas. Karena ditulis oleh para penggiat safety riding yang sehari-hari merasakan kondisi lalu lintas, JR selalu mencoba realistis mengupas permasalahan lalu lintas yang dihadapi oleh pengguna jalan/kendaraan setiap harinya.

Untuk saat ini, sepertinya situs-situs di atas mampu memberikan informasi yang dibutuhkan. Jangan pernah berpikir untuk tak perlu lagi membaca/mencari pengetahuan baru dalam hal berkendara, karena mengendarai motor/mobil adalah sebuah proses yang tidak pernah usai.

Ride Safe or Stay Home!

Iklan

3 comments on “Informasi Safety Riding

Tinggalkan Balasan & Jangan Tampilkan Link Lebih Dari 1.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s